Pesan WRAM pada ITB Hybrid Integrated Career Days Oktober 2023: Agar Mahasiswa Dapat Makin Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menyelenggarakan Integrated Career Days 2023 pada 20-21 Oktober 2023. Acara ini dapat diikuti secara luring di gedung Sasana Budaya dan Ganesha (SABUGA) ITB maupun daring pada laman https://virtualfair.itb.ac.id yang membuka lowongan kerja dan kesempatan berkarir baik di dalam maupun di luar negeri bagi pada alumni dan lulusan ITB.

ITB Hybrid Integrated Career Days merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Direktorat kemahasiswaan ITB melalui subdirektorat pengembangan profesi dan kewirausahaan mahasiswa atau lebih dikenal sebagai ITB Career Center.

Agenda ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., yang mempertegas tekad ITB untuk selalu menghasilkan lulusan yang sebisa mungkin kualifikasinya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan dari Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti).

“ITB yang sejak dahulu kala sudah menetapkan selalu ingin lebih baik dari ketentuan SN Dikti akan menjadi sangat penting dan mudah-mudahan Ini bisa juga dilihat dan diperhatikan oleh mitra-mitra kami khususnya,” ucap Prof. Jaka.

Prof. Jaka juga menekankan pentingnya feedback dari para mitra perusahaan bagi seluruh program akademik baik itu ekstra-kurikuler maupun intra-kurikuler. Sebab, mulai tahun ini ITB akan mulai melakukan evaluasi untuk kurikulum berikutnya, yang pada dasarnya dirancang agar para mahasiswa benar-benar bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja.

“Bagaimanapun yang paling penting bagi mahasiswa kita adalah masuk ITB khususnya itu terjamin lapangan kerjanya,” ucap Prof. Jaka.

Sementara itu, Kepala ITB Career Center, Hafiz Aziz Ahmad, S.Sn., M.Des., Ph.D., mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk menjembatani kebutuhan tenaga kerja profesional dari mitra perusahaan ITB dengan kehadiran dari lulusan-lulusan atau alumni-alumni ITB terutama karena pada 28 Oktober 2023, ITB akan melakukan prosesi wisuda terhadap lebih dari 4.000 mahasiswa.

“TKT Oktober 2023 sekarang merupakan yang ketiga yang kita lakukan secara hybrid sejak pasca pandemi,” tutur Hafiz.

Acara ini terdiri dari pameran bursa karir dari perusahaan, seminar dari perusahaan dan juga rekrutmen dari perusahaan yang terkait. Terdapat juga Scholarship Participant untuk para pencari beasiswa S1, S2, maupun S3.

Selain itu, pada acara ini juga terdapat Entrepreneurship Participant yang akan memamerkan produk-produk unggulan dari mahasiswa wirausaha muda ITB yang memiliki startup maupun scale-up dan bergerak di berbagai bidang seperti teknologi maupun non-teknologi yang merupakan peserta dari program program PMW batch 2 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Titian Karir Terpadu (TKT) kali ini diikuti oleh 11 mitra perusahaan dengan satu kategori dari Gold yaitu Astra Group, 3 kategori Silver yaitu Formulatrix, Paragon Corp., PT The Sixth Chemical Engineering Construction dan 7 kategori Bronze di antaranya Amazon Web Services, PT. QMB New Energy Materials, Mattel Indonesia, OCBC NISP, Star Energy, Bank BNI, dan Bank Mandiri. Agenda ini pun diikuti oleh tiga lembaga penyedia beasiswa dan 10 kelompok wirausaha mahasiswa ITB.

Setelah acara resmi dibuka, selanjutnya terdapat sesi apresiasi berupa pemberian sertifikat terhadap para mitra ITB yang turut mendukung pelaksanaan ITB Hybrid Integrated Career Days 2023.

Kemudian ITB Hybrid Integrated Career Days 2023 juga menampilkan pertunjukan musik dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ITB Jazz.

Reporter : Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)


scan for download