Pameran Akademik TPB FSRD ITB Wujud Aktualisasi dan Gali Potensi Mahasiswa

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id - Pameran Akademik mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2022 merupakan wujud aktualisasi diri para mahasiswa TPB FSRD ITB 2022 dalam ranah seni dan desain.

Pameran tersebut menjadi wadah bagi para mahasiswa TPB FSRD ITB 2022 dari berbagai cabang multikampus untuk berkolaborasi dan menunjukkan potensi maksimal mereka dalam seni dan desain.

Dalam acara ini, mereka memamerkan tugas-tugas mata kuliah wajib yang telah digarap selama masa Tahap Persiapan Bersama, yang merupakan tahap persiapan mereka sebelum memasuki program studi yang lebih spesifik.

Ketua pelaksana pameran, Gabriella Calulla Putri mengatakan, “Kalanova Menjadi bentuk rasa syukur sekaligus ajang pengenalan karya kami selama satu tahun belajar sebagai mahasiswa TPB FSRD ITB 2022.”.

Gabriella menambahkan, bahwa pameran ini juga mengangkat isu tentang stereotype masyarakat terhadap seni dan desain. Seniman seringkali dihadapkan pada label "aneh" atau kurang diapresiasi hanya karena keberbedaannya dari kebiasaan masyarakat umum.

“Padahal, seni adalah kebutuhan hidup manusia yang tak dapat diabaikan, baik secara individu maupun sosial,” pungkasnya.

Melalui pameran ini, TPB FSRD 2022 berharap dapat membuka mata dan pintu hati yang selama ini membatasi pandangan terhadap seni dan ekspresi diri. Mereka mengerahkan segala potensi yang dimiliki untuk mencapai Aktualisasi Diri, yaitu kebebasan, apresiasi, pandangan yang baik, dan tanggung jawab terhadap ekspresi diri mereka sendiri.

Kalanova menjadi tempat bagi harapan-harapan baik yang ada dalam diri setiap individu. Melalui karya-karya yang tak pernah berhenti memberikan inspirasi, para mahasiswa TPB FSRD ITB 2022 berharap masyarakat dapat melihat seni dan desain dengan pandangan yang lebih terbuka dan mengapresiasi keragaman ekspresi yang ada.

“Harapannya, semoga Kalanova bisa jadi salah satu pijakan kami untuk setiap cita-cita baik yang kami miliki, menjadi bagian dari komunitas seni, dan membuka mata dan hati yang tertutup akan keberadaan seni dan ekspresi diri,” tutup Gabriella.

Pameran Akademik TPB FSRD ITB 2022 telah menarik perhatian pengunjung dari berbagai kalangan dan mendapatkan apresiasi yang tinggi, terbukti dari jumlah pengunjung yang terdata sejumlah 5.400 orang. Acara tersebut menjadi bukti nyata bahwa para mahasiswa TPB FSRD ITB 2022 memiliki potensi luar biasa dan mampu menghasilkan karya-karya yang menginspirasi.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)


scan for download