Menjelajahi Internet of Things dalam IoT National Summit 2021

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—IoT National Summit 2021 merupakan rangkaian acara utama dari Ganesha IoTech 2021 di bawah Kementerian Koordinator Karya Inovasi Kabinet Arunika KM ITB. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu (20/02/2021) dan Minggu (21/02/2021) ini memberikan pengalaman bagi lebih dari 500 pesertanya untuk mengenal Internet of Things (IoT) lebih dalam.

Agenda di hari pertama merupakan seminar yang diisi oleh berbagai pembicara yang bergerak di bidang IoT, diawali oleh pemaparan dari Dr. Ismail sebagai Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Ia menyebutkan bahwa IoT menjadi pendorong bagi transformasi digital yang akan membentuk dunia di masa depan. Hal ini dapat terlihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020 yang banyak ditopang oleh sektor teknologi informasi dan komunikasi (setelah sektor kesehatan).

Menurut survei yang dilakukan oleh Deloitte, Internet of Things merupakan teknologi yang paling berpengaruh dalam penerapan Industri 4.0. IoT menjanjikan terbentuknya industri yang sehat dengan melakukan pengurangan biaya produksi dan menjanjikan pertumbuhan pendapatan.

Acara dilanjutkan dengan presentasi karya dari para finalis IdeaX dan Makersthon yang sudah mencoba untuk merealisasikan potensi IoT di Indonesia. IdeaX merupakan lomba model bisnis berskala nasional yang diselenggarakan oleh Ganesha IoTech 2021. Konsep inovasi yang sudah ditetapkan oleh finalis IdeaX akan dikembangkan oleh peserta lomba Makersthon menjadi sebuah desain awal produk IoT.

Seminar dilanjutkan dengan pemaparan pemanfaatan IoT dengan satelit oleh Ajie Nayaka Nikicio sebagai ahli satelit IoT dan pemaparan peran IoT di masa depan oleh Teguh Prasetya sebagai Ketua Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI).

Di hari kedua, para peserta berkesempatan untuk menjelajahi laboratorium virtual dari IoT. Acara ini disertai dengan workshop yang dipandu oleh dosen Teknik Fisika ITB, Dr. Ir. Eko Mursito Budi, M.T., dan beberapa asisten Laboratorium Industri Internet of Things Teknik Fisika ITB, sehingga para peserta memiliki pengalaman secara langsung untuk membuat IoT server sederhana.

Rangkaian acara ini ditutup oleh materi dari Senior Data Consultant Deloitte Syarif Hidayatullah yang mendemonstrasikan perangkat IoT dan menjelaskan hubungannya dengan data sains. “Big data didapatkan dari source manapun, baik dari input manual dan by system yang kebanyakan dari sensor dan IoT sendiri,” ujarnya.
Dengan terselenggaranya IoT National Summit 2021, para peserta yang berasal dari berbagai latar belakang diharapkan dapat lebih sadar akan potensi IoT hingga akhirnya dapat turut berpartisipasi dengan membuat inovasi dan implementasi dari IoT.

Reporter: Ristania Putri Wahyudi (Matematika, 2019)


scan for download