Mengawali Kegiatan Akademik, Mahasiswa Baru Sekolah Farmasi ITB Ikuti Kegiatan Pengenalan Fakultas

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id–Sekolah Farmasi (SF) Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar acara Penyambutan Mahasiswa Baru SF Semester I Tahun Akademik 2023/2024 pada Senin (14/8/2023). Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru program sarjana, profesi apoteker, magister, dan doktor kepada lingkungan akademiknya.

Para mahasiswa program sarjana mengikuti kegiatan PMB di Gedung Serbaguna Lt. 3, GKU Kampus ITB Jatinangor, sementara para mahasiswa program profesi dan pascasarjana berkumpul di ruang 9401 dan ruang 9402, Kampus Ganesha ITB. Orangtua mahasiswa juga dapat mengikuti kegiatan secara daring melalui Zoom maupun Youtube.

Prof. apt. I Ketut Adnyana, M.Si., Ph.D., selaku Dekan SF ITB menyampaikan sambutannya dengan menekankan pentingnya lingkungan sebagai faktor kunci dalam kesuksesan. Beliau mendorong mahasiswa untuk berkomunikasi dengan orang tua dan berharap masa depan mahasiswa penuh dengan keberhasilan dan pencapaian.

Profesor Adnyana juga mengajak mahasiswa untuk merayakan keberhasilan mereka di kampus ITB, yang akan menjadi almamater mereka dalam beberapa tahun mendatang.

Selanjutnya, terdapat sesi pengenalan SF, dosen dan dosen wali yang dipandu oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Dr. apt. Lia Amalia, S.Si., M.Si. Para dosen dan staf pengajar diperkenalkan kepada para mahasiswa baru untuk memberikan wawasan mengenai kelompok keahlian, bidang studi, dan lingkungan belajar di SF ITB. Antusiasme hadirin terasa saat para dosen menyapa mahasiswa baru dan menjelaskan peran masing-masing dalam mendukung pengembangan ilmu farmasi.

Acara dilanjutkan dengan penayangan video profil Sekolah Farmasi ITB yang menampilkan kesuksesan alumni dalam berbagai bidang farmasi, baik industri maupun regulasi. Testimoni alumni ini memberikan inspirasi kepada mahasiswa baru tentang potensi dan peluang yang ada setelah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Farmasi ITB.

Berikutnya terdapat paparan oleh masing-masing ketua program studi (kaprodi). Terdapat empat program studi di SF, di antaranya Program Studi Sarjana Sains dan Teknologi Farmasi dengan Kaprodi Dr.rer.nat. Apt. Rachmat Mauludin, S.Si, M.Si; Program Studi Sarjana Farmasi Klinik dan Komunitas dengan Kaprodi Dr. Apt. Neng Fisheri Kurniati, S.Si., M.Si; Program Studi Magister Farmasi dan Doktor Farmasi, Magister Farmasi Industri, Magister Keolahragaan dengan Kaprodi Dr. Apt. Muhamad Insanu, S.Si., M.Si.; serta Program Pendidikan Profesi Apoteker dengan Kaprodi Apt. Elin Julianti, s.Si., M.Si., Ph.D.

Para ketua program studi memberikan pengenalan singkat mengenai masing-masing program studi yang ada, serta prospek karir yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Acara ditutup dengan pemaparan informasi Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IOM).

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download