LPIT ITB Gelar Semiconductor International Seminar, Tingkatkan Kontribusi dalam Inovasi Industri

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id – Lembaga Pengetahuan Ilmu dan Teknologi, Institut Teknologi Bandung (LPIT ITB) menggelar Semiconductor International Seminar, di Multipurpose Hall, Gedung CRCS, ITB Kampus Ganesha, Rabu (21/2/2024).

Kegiatan tersebut menghadirkan dua keynote speakers, yaitu Professor Emeritus, Departement of Civil Engineering, National Taiwan University, Prof. Luh-Maan Chang dan Head of Broadband Wireless Access, Prof. Trio Adiono, S.T., M.T., Ph.D.

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan, Prof. Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D.

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB, Prof. Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D., dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan ini menjadi pertemuan para pemikir brilian, pemimpin industri, dan inovator yang menjadi bukti upaya konsisten untuk mencapai keunggulan di bidang teknologi semikonduktor yang terus berkembang.

“Saat kita berada di garis depan era baru, yang ditandai dengan kemajuan teknologi pesat dan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Seminar ini menjadi platform penting untuk pertukaran ide, wawasan, dan upaya kolaboratif yang akan membentuk masa depan industri semikonduktor. Saat ini, kolaborasi sangat penting dalam mengatasi permasalahan kompleks dan peluang yang ada di masa depan,” tuturnya.

Professor Emeritus, Departement of Civil Engineering, National Taiwan University, Prof. Luh-Maan Chang.

Beliau mengatakan, ITB saat ini sedang dalam proses mendirikan ITB Innovation Park yang berfungsi sebagai Science and Technology Park. Hal ini tidak lepas dari tujuan ITB untuk meningkatkan kontribusi dalam mendorong inovasi di Industri 4.0.

Kontribusi inovasi ini mencakup kemajuan di bidang elektronik, informatika, dan kendaraan listrik. Untuk memfasilitasi upaya tersebut, ITB Innovation Park secara strategis dilengkapi dengan fasilitas yang didedikasikan untuk pengembangan teknologi elektronik, antara lain The IC Design Center, PCB Technology, dan Mini Wafer Fabrication.

Dalam kegiatan tersebut, dibahas mengenai sejumlah terobosan terbaru, tren yang muncul, dan inovasi transformatif yang menentukan lanskap semikonduktor dengan berfokus pada tiga bidang, yakni teknologi informasi dan komunikasi, peralatan medis dan teknologi pangan, serta energi.

Head of Broadband Wireless Access, Prof. Trio Adiono, S.T., M.T., Ph.D.

“Kegiatan ini mencerminkan dedikasi kami dalam mengembangkan Science Techo Park (STP) ITB menjadi ekosistem teknologi yang berkembang. Oleh karena itu, STP siap menawarkan fasilitas layanan, memfasilitasi pengiriman produk komersial, menjadi pusat pengetahuan bagi masyarakat, dan membina kolaborasi dengan industri,” tuturnya.

Selain itu, beliau mengajak para peserta untuk berkolaborasi, berbagi inspirasi, dan menumbuhkan kolektif saat menavigasi jalur untuk teknologi semikonduktor.


scan for download