LEGO ERGO SCIO: Bangkitkan Minat Membaca dan Menulis Mahasiswa

Oleh Bangkit Dana Setiawan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pada Selasa (18/03/14), bertempat di Gedung Aula Barat ITB Majalah Ganesha ITB bekerjasama dengan Kompas kembali menggelar seminar LEGO ERGO SCIO.  Nama tersebut berasal dari bahasa latin yang berarti "saya baca maka saya tahu". Sesuai dari arti namanya, acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memacu minat membaca dan menulis mahasiswa ITB. Seminar LEGO ERGO SCIO ini berhasil menarik perhatian kurang lebih tiga ratus peserta.

Acara ini menghadirkan tiga pembicara yang sudah berpengalaman dalam bidang menulis dan keredaksian. Tiga pembicara tersebut adalah Trinity (penulis novel naked traveler), Pandji Pragiwaksono (Stand up comedian dan penulis blog), dan Arbain Rambey (fotografer dan jurnalis). Masing-masing pembicara menyampaikan pentingnya membaca dan menulis dengan gaya yang berbeda-beda sesuai dengan keahlian dan pengalaman mereka masing-masing.

Sesi pertama diisi oleh Trinity yang menceritakan pengalamannya selama berkeliling dunia dan menulis mengenai pengalamannya tersebut dalam bentuk novel. Hampir semua negara sudah pernah dikunjungi oleh Trinity, "Saya memang mempunyai hobi jalan-jalan dan menulis, ini passion saya," jelas Trinity. Dalam melakukan perjalanan ke setiap tempat, Trinity selalu memberikan tulisannya sebagai buah tangan kepada teman-temannya. Karena melalui tulisan ini, Trinity dapat turut mempromosikan keindahan-keindahan yang terdapat pada setiap tempat yang telah Ia kunjungi.

Sesi selanjutnya diisi oleh Pandji Pragiwaksono. Sesuai dengan background-nya sebagai stand up commedian, Pandji membawakan materinya mengenai pengalaman menulisnya melalui humor yang cerdas. "Menulis dan berbicara merupakan passion saya," tutur Pandji. Membaca buku merupakan hal yang sangat penting bagi Pandji. "Membaca dan menulis telah mengubah hidup saya, tetapi untuk yang lebih mengubah hidup adalah menemukan hal tersebut sebagai minat saya," tambah Pandji. Mengetahui minat merupakan hal yang penting sebagai kunci awal untuk meraih kesuksesan dan mewujudkan mimpi masing-masing.

Pembicara terakhir adalah Arbain Rambey yang memiliki background sebagai fotografer dan jurnalistik dalam salah satu media massa. Dalam menulis berita, ilustrasi merupakan hal yang penting untuk menarik minat pembaca. Foto jurnalistik bukan merupakan fotografi biasa, foto jurnalistik harus dapat menceritakan suatu peristiwa dan membangkitkan emosi pembacanya. Bagi fotografer jurnalistik, menguasai teknik fotografi bukanlah satu-satunya hal yang penting, melainkan juga harus memiliki wawasan yang luas. Dan wawasan yang luas tersebut diperoleh dengan cara membaca, "Membaca itu penting untuk seorang fotografer jurnalistik supaya dapat menjelaskan maksud foto tersebut dengan baik," jelas Arbain.

Membaca merupakan salah satu kunci untuk dapat sukses dan meraih mimpi kita masing-masing. Dengan membaca wawasan menjadi lebih luas dan dapat menyelesaikan suatu masalah melalui berbagai sudut pandang. "Semoga dengan adanya LEGO ERGO SCIO ini, mahasiswa ITB lebih membaca dan menulis sehingga lebih aware terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar kita," tutup Irfan (Teknik Lingkungan 2011) salah seorang peserta seminar LEGO ERGO SCIO.

Sumber Gambar: Dokumentasi Panitia 


scan for download