Lab Metaverse ITB Gelar Metafest, Dorong Pengembangan Industri Metaverse di Indonesia

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Lab Metaverse di bawah naungan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) berkomitmen mempersiapkan Sumber Daya Manusia untuk berkarya di industri metaverse melalui penyelenggaraan Metafest. Lab ini, yang fokus pada Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), bertujuan mendukung perkembangan ekosistem digital yang semakin berkembang. Lab Metaverse memiliki tiga kegiatan utama, yaitu Metaverse Festival (Metafest), Riset, dan Pengerjaan Proyek.

Asisten Lab Metaverse ITB, Alisha Listya Wardhani, mengatakan, metaverse adalah perpaduan antara dunia virtual dan fisik, menggunakan teknologi canggih seperti realitas virtual (VR), realitas augmentasi (AR), dan dunia maya untuk menciptakan ekosistem digital yang hidup dan berinteraksi.

Metaverse Festival (Metafest) terdiri atas empat rangkaian acara. Road to Metafest, sebagai pre-event, sukses diselenggarakan bersamaan dengan Jatinangor Festival (Jatifest) 2023, sebagai ajang untuk memperkenalkan Lab Metaverse kepada masyarakat. Metafest Workshop, pelatihan selama satu bulan tentang VR/AR di ITB Jatinangor, memberikan kesempatan bagi peserta mengembangkan proyek VR. Sementara itu, Metamasters, kompetisi metaverse dalam bidang AR/VR, telah diselenggarakan dan puncaknya digelar pada 25 November 2023, dengan presentasi final yang terbuka untuk umum.

Bersamaan dengan puncak Metamasters, diadakan Metafest Talkshow dan Exhibition di gedung KOICA, ITB Kampus Jatinangor. Acara terbuka bagi umum dan menampilkan beberapa booth dari perusahaan, startup, dan komunitas yang terkait dengan VR/AR. Pengunjung pun melihat langsung showcase alat VR/AR yang dikembangkan Lab Metaverse ITB.

Metafest Talkshow mengusung tema "Life in Metaverse: Exploring Potential in Extended Reality" dan akan diisi beberapa ahli dan akademisi. Materi utama yang akan dibahas termasuk pengembangan mixed reality di Indonesia dalam bidang smart city dan pemerintahan, penerapan mixed reality di sektor pendidikan, serta perkembangan dan potensi VR/AR di dunia industri.

Dalam kegiatan tersebut, pengunjung mendapatkan kesempatan menikmati es krim gratis. Lab Metaverse ITB berharap Metafest dapat menjadi wadah yang bermanfaat untuk memperluas pemahaman masyarakat tentang potensi metaverse dan mendorong inovasi di industri ini.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download