Kunjungan ITERA ke ITB, Perkuat Kolaborasi di Bidang Keprotokolan, Manajemen Acara, dan Kehumasan

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Kunjungan ITERA ke ITB, Kamis (22/2/2024) (Dok. Iko Sutrisko Prakasa Lay)

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima kunjungan dari Institut Teknologi Sumatera (ITERA) pada Kamis (22/2/2024) bertempat di Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari, Bandung.

Kunjungan tersebut menghadirkan delegasi ITERA dari bagian Kesekretariatan Humas dan HTL ITERA, Rahmattullah, ST Par., MM.Par. dan Riki Nopiansah, S.I.P.M.I.P. Agenda tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang protokol dan manajemen acara.

Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kedua institusi untuk saling berbagi pengalaman dan pembelajaran dalam hal keprotokolan dan berbagai manajemen kegiatan.

ITERA, sebagai institusi sains dan teknologi yang baru dirintis, dan telah dibina oleh ITB selama hampir 10 tahun, membangun kerjasama dengan ITB bukan hanya sebatas dalam hal akademik, tetapi juga dalam mendukung pengembangan infrastruktur organisasi dan tata kelola acara.

"Terima kasih, karena kami diterima dengan baik dalam agenda kunjungan ini," ujar Rahmatullah.

Selama kunjungan, diskusi mengenai keprotokolan menjadi sorotan utama. ITERA tertarik untuk mempelajari struktur organisasi dan sistem manajemen acara yang diterapkan, dan sebaliknya. Dalam diskusi tersebut juga kedua belah pihak berbagi pengalaman tentang tantangan dan solusi dalam mengelola acara besar, serta cara efektif berkomunikasi dan berkoordinasi antar unit terkait.

Diskusi juga mencakup implementasi praktik terbaik dalam kegiatan protokoler. ITB membagikan pengalaman tentang pengaturan acara, pengelolaan fasilitas, dan pemenuhan kebutuhan teknis selama acara berlangsung. Kedua institusi sepakat untuk saling belajar dan memperbaiki proses mereka dalam mengelola acara yang kompleks.

Kunjungan ini tidak hanya menjadi ajang pertukaran pengetahuan, tetapi juga mempererat hubungan antara ITB dan ITERA. Dengan adanya kunjungan ini, ITB dan ITERA berharap dapat saling mendukung pengembangan akademik dan organisasional di kedua institusi. Dengan saling berbagi pengalaman dan pembelajaran, ITB dan ITERA berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dan pengelolaan acara di masa depan.

Sementara itu, Kepala Bagian Keprotokolan ITB, Augusman Marthin Leonard, S.T., mengatakan bahwa kunjungan ini juga dapat menjadi momentum penting dalam memperkuat kerja sama ITB dengan ITERA.

"Menjadi momen yang penting bagi kedua institusi ini untuk saling bertukar pikiran. Harapannya dapat memperkuat kolaborasi kita juga di masa yang akan datang," ungkapnya.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download