Kuliah Tamu SBM ITB Bahas Pentingnya Lingkungan Kerja yang Baik

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id — Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) mengadakan kuliah tamu untuk mata kuliah Pengembangan Organisasi dan Pembelajaran Organisasi, di Gedung Freeport SBM ITB, Rabu (11/10/2023). Pemateri kegiatan kali ini adalah Chief People Officer Tiket.com, Dudi Arisandi.

Beliau, yang merupakan alumnus pendidikan Magister Teknik Industri ITB, membahas topik “Membangun Organisasi Pembelajaran” berdasarkan pengalamannya mengelola karyawan selama pandemi Covid-19.

Beliau mengatakan, peritnya perusahaan yang terdampak pandemi. Semua divisi dalam perusahaan mengalami tantangan luar biasa, tak kecuali bagian yang mengelola karyawan.

Selama pandemi, Tim People pada Tiket.com berusaha memastikan budaya perusahaan tetap baik, karyawan tetap terlibat, produktif, dan kepemimpinan tetap terlihat saat ada potensi besar karyawan akan stres dan cemas menghadapi pandemi. Stres dan kecemasan tersebut, menurutnya, bahkan belum hilang setelah pandemi berlalu.

Di sisi lain, beliau menjelaskan terkait kesetaraan gender di Tiket.com yang mempekerjakan 38 persen staf perempuan dan memiliki usia rata-rata 29 tahun untuk anggota stafnya. Tiket.com pun meraih penghargaan seperti HR Asia Award, HR Excellence 2023 SWA x FEB UI, dan masuk dalam Top 5 Happiness Index at Technology Companies oleh Revou 2021.

Menurutnya, terdapat banyak aspek untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik, seperti kepemimpinan, kepastian tujuan, pengambilan keputusan yang bijak, memperkuat pengalaman karyawan dan pendekatan holistik terhadap pengalaman karyawan, tetap terhubung melalui inisiatif pelibatan karyawan yang berkesinambungan, transformasi digital SDM, dan persiapan menghadapi masa pemulihan dan ekosistem yang terus berkembang.

Pengalaman dan kepuasan karyawan, kata beliau, merupakan hal yang paling penting dalam sebuah perusahaan. “Oleh karena itu, kami menggunakan berbagai alat dan bertransformasi untuk memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Kuliah tamu kali ini memberikan peserta pengetahuan penting tentang berbagai tantangan dan cara mengatasi persoalan yang berkaitan dengan kondusifnya lingkungan kerja.

Reporter: Bashravie Thamrin (Manajemen, 2024)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download