Kuliah Kerja TF 2007 ke Malaysia

Oleh Pengirim Lepas

Editor -

Mahasiswa Teknik Fisika Angkatan 2004 baru-baru ini melaksanakan Kuliah Kerja ke Kuala Lumpur Malaysia. Program tahunan yang diselenggarakan untuk setiap angkatan ini biasanya dilakukan dengan mengunjungi industri-industri yang ada di wilayah Indonesia. Seiring dengan target Program Studi Teknik Fisika ITB untuk mendapatkan akreditasi International, maka mulai tahun ini program kuliah kerja digeser objeknya dengan mengunjungi Industri, Pusat Penelitian dan Universitas di luar Indonesia untuk memberikan wawasan tambahan bagi para mahasiswa sekaligus menjajagi kemungkinan kerjasama penelitian dan pendidikan dengan negara lain.
Malaysia dipilih menjadi tujuan kali ini dengan pertimbangan antara lain kemajuan riset dalam bidang teknologi yang cukup pesat dan tingkat kemakmuran penduduknya yang relatif cukup bagus serta biaya yang cukup terjangkau. Rombongan terdiri dari Mahasiswa TF angkatan 2004 sebanyak 79 orang dan 7 orang staff Pengajar.
Rombongan berangkat dari Bandung (ITB) menggunakan 2 bus pada tanggal 22 Januari jam 4.00 menuju Cengkareng. Pukul 11.00 terbang ke Malaysia menggunakan penerbangan Malaysian Air Lines (MAS). Setiba di Kuala Lumpur International Airport, rombongan disambut oleh tuan rumah dari International Islamic University of Malaysia (IIUM) dan langsung dibawa berkunjung ke kampus mereka di kawasan Gombak, Kuala Lumpur. Kampus yang indah seluas 100 Ha, lengkap dengan segala fasilitasnya termasuk asrama untuk seluruh mahasiswanya.
Acara hari pertama adalah tour mengelilingi kampus dan diteruskan dengan welcoming dinner oleh Fakultas Teknik IIUM. Dalam acara ini, tuan rumah menyajikan pertunjukan kesenian khas Melayu dan delegasi mahasiswa TF menampilkan kreasi tari kecak digabung dengan tarian Jawa dan Sunda. Acara berlangsung akrab dan meriah. Selesai acara delegasi TF diantar ke Asrama Mahasiswa untuk beristirahat.
Hari kedua, 23 Januari 2007, diisi dengan mengunjungi Industri Otomotif Proton, Masjid Sultan Selangor, dan R&D Telecom Malaysia. Di Proton para mahasiswa berkesempatan mendapatkan penjelasan aplikasi Mechatronics dalam Industri Otomotif dan mengunjungi secara langsung bagian dalam pabrik, mulai komponen, perakitan struktur mobil, pengecatan hingga jadi sebuah mobil. Di masjid Sultan Selangor, selain beristirahat siang dan sholat dhuhur, rombongan mempelajari arsitektur masjid yang indah tersebut. Sedangkan di R&D nya Telecomm Malaysia, rombongan mendapatkan informasi tentang seluk beluk Research and Development dari perusahaan telekomunikasi Malaysia tersebut. Malam hari rombongan melakukan sight seeing di pusat KL (Dataran Merdeka) sambil makan malam sebelum menuju penginapan utk beristirahat.
Hari ketiga kunjungan dimulai dengan mengunjungi Laboratorium pendidikan dan penelitian yang ada di lingkungan fakultas Teknik IIUM. Rombongan mendapatkan informasi tentang fasilitas penelitian dan pengajaran yang sangat lengkap, antara lain lab Robotics, Mechatronics, Bengkel logam, Terowongan angin, solar energy, dan pemrosesan-karakterisasi material. Siangnya, rombongan berkunjung ke Petronas Malaysia. Dimulai dengan berkunjungan ke bridge yang menghubungkan kedua Tower di lantai 42, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dan tanya jawab di lantai 40 Tower 2. Diskusi berlangsung sangat hangat dan menarik. Acara malam dibagi 2 rombongan, staff pendamping mengikuti konser di Petronas Symphony Hall dan Mahasiswa acara bebas di Kuala Lumpur.
Hari keempat adalah acara bebas. Para Staff pendamping berkesempatan mengunjungi Petronas Concert Hall untuk mendapatkan penjelasan Teknis tentang Akustik dari gedung konser kebanggaan petronas tersebut selama setengah hari untuk kemudian bergabung dengan rombongan Mahasiswa di Genting Highland, salah satu pusat entertainment Kuala Lumpur.
Hari Terakhir, Jum at 26 January 2007, sembari menuju KLIA, rombongan berkunjung ke salah satu pusat ICT yang menjadi unggulan Malaysia yaitu Malaysian Multimedia Super Corridor (MSC). Di MSC delegasi TF berkesempatan utk memperoleh Grand Plan Malaysia dalam mengembangkan konsep ICTnya. Kami diberikan pula kesempatan untuk mencicipi Virtual Reality lab MSC. Selepas dari MSC, kami mampir ke kota Putera Jaya, sebuah kota yang dirancang khusus untuk kantor-kantor departemen pemerintahan termasuk kantor perdana Mentri Malaysia. Kunjungan ditutup dengan sholat Jum at di Masjid Putera Jaya. Selepas Jum at, delegasi TF menuju ke KLIA untuk terbang kembali ke Jakarta. Pukul 2 malam, seluruh rombongan sampai kembali dengan selamat di ITB. Sebuah pengalaman yang berharga kami dapatkan dari kunjungan selama 5 hari ini, semoga menjadi cermin bagi yang berkunjung untuk mengembangkan Indonesia yang lebih baik di masa depan.

scan for download