Kisah Inspiratif Nabila Yasmin: Buah Manis Perjuangan dan Penerimaan Diri hingga Berhasil Raih Beasiswa Gen 45

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Mahasiswi FSRD ITB penerima beasiswa Gen 45, Nabila Yasmin (Dok.Pribadi)

BANDUNG, itb.ac.id- Mendapatkan beasiswa bukanlah sebuah hal yang mudah. Di balik penerima manfaatnya, tentu terdapat perjuangan panjang yang penuh dengan dedikasi.

Hal ini pula lah yang dialami oleh mahasiswi Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB), Nabila Yasmin, yang berhasil meraih beasiswa Gen 45.

Keberhasilan tersebut tidak hanya menjadi hasil dari bakat dan minatnya selama ini, namun juga merupakan hasil perjuangan serta ketekunannya mengejar pendidikan serta pengembangan diri.

Dia juga awalnya mengaku tidak menyangka bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Terlebih, proses seleksi yang cukup ketat, di mana para pendaftar beasiswa harus bersaing dengan banyak orang.

"Kaget, saya tidak menyangka karena saya mendapatkan beasiswa, karena banyaknya pendaftar yang sangat bertalenta," ujarnya pada Kamis (14/3/2024).

Dirinya pun bersyukur karena berhasil mendapatkan beasiswa tersebut. Nabila mengaku bahwa dia memang sempat mengalami kesulitan finansial. Termasuk untuk kebutuhan biaya proyek seni rupa, yang nominalnya memang tidak sedikit.

Foto bersama penerima beasiswa Gen45 (08/2/2024) di Plaza Widya, ITB Kampus Ganesha (Dok.Zaki Yudhistira Candra)

Namun, hal tersebut tidak menghentikannya untuk terus berjuang. Dia secara gigih mencoba mendaftar beasiswa sejak awal berkuliah di ITB. Meski sempat gagal, namun hal tersebut tidak membuatnya menyerah.

Nabila terus mencoba mendaftar berbagai program beasiswa. Hal ini tentu menunjukkan effort yang luar biasa dalam mengejar pendidikannya. Hingga akhirnya perjuangannya ini berbuah manis.

Mendapatkan beasiswa Gen 45 menjadi titik balik dalam perjalanan meraih pendidikannya. Bukan hanya soal bantuan finansial, menurutnya beasiswa ini juga memberikan banyak kesempatan baginya untuk mengikuti pelatihan, mentoring, dan coaching yang sangat berharga bagi perkembangan akademis dan profesionalnya di masa depan.

"Dengan bantuan beasiswa Gen 45 ini, saya dapat lebih dekat dengan impian saya untuk melanjutkan pendidikan lebih lanjut," ungkapnya.

Mentoring Nabila bersama mentor Shofiya Qurrotu A’yunin (03/11/2024) via Zoom Meeting (Dok.Pribadi)

"Ini adalah suatu keuntungan besar bagi saya untuk meraih cita-cita dan mengembangkan diri lebih jauh," lanjutnya.

Keberhasilan Nabila Yasmin adalah cerminan dari semangat pantang menyerah dan ketekunan yang menjadi bagian dari perjalanan setiap mahasiswa. Melalui perjuangannya, ia telah membuktikan bahwa dengan kerja keras dan ketekunan, mimpi-mimpi dapat diwujudkan, dan hambatan-hambatan dapat diatasi.

Nabila adalah contoh nyata dari bagaimana kegigihan membawa kepada pencapaian yang gemilang, dan inspirasi bagi banyak orang untuk tidak menyerah dalam mengejar impian mereka.

Reporter: Angela Sunaryo (Seni Rupa, 2020)


scan for download