Kenalkan Teknik Kimia ke Lebih dari 200 Sekolah, K12 AIChE ITB Gelar Kompetisi Tingkat SMP dan SMA

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

Peserta K12 AIChe ITB saat mengikuti lomba olimpiade tingkat SMA di Laboratorium Program Studi Teknik Kimia ITB. (Dok. AIChE ITB Student Chapter)

BANDUNG, itb.ac.id β€” AIChE ITB Student Chapter (SC) menggelar kegiatan K12 yang terdiri atas empat perlombaan dengan peserta siswa/i SMP dan SMA dari seluruh Indonesia, di ITB Kampus Ganesha, Kamis-Sabtu (18-20/1/2024). AIChE ITB SC adalah salah satu student chapter dari organisasi nonprofit internasional di rumpun Teknik Kimia.

Kegiatan rutin tahunan ini diadakan untuk mengenalkan ilmu Teknik Kimia serta membangkitkan semangat para pelajar untuk mengeksplorasinya. Selain perlombaan, diadakan kunjungan ke SMAN 3 Bandung sebagai bentuk pengenalan Teknik Kimia, terutama di ITB.

Kegiatan yang diadakan untuk ketiga kalinya ini diikuti 610 siswa SMP dan SMA dari pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Adapun jenis lomba yang diadakan, yaitu lomba esai SMP dan SMA, lomba karya tulis ilmiah, serta olimpiade tingkat SMA. Lomba terakhir inilah yang membedakan K12 dengan lomba pada umumnya karena peserta mendapatkan kesempatan melakukan hands on praktikum menggunakan peralatan proses di Laboratorium Program Studi Teknik Kimia ITB.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta diberikan pengetahuan mengenai proses adsorpsi air limbah menggunakan karbon aktif serta metode pengolahan datanya untuk menentukan jenis karbon paling efektif dari ketiga pilihan yang disediakan.

Setelah melakukan praktikum, peserta membuat laporan dan melakukan presentasi mengenai hasil yang didapatkan. Selain presentasi, selama di ITB Kampus Ganesha, peserta mengikuti campus tour dan mendapat ilmu mengenai konsep Net-Zero Carbon dari alumnus Teknik Kimia ITB 2018, Fathoni Khotibul Ilman dalam seminar berjudul β€œIntroduction to Net-Zero Carbon and Way to Reach It".

Meski diadakan secara luring di ITB Kampus Ganesha, peserta dari luar Bandung maupun luar pulau Jawa secara antusias datang untuk berlomba di babak final. Peserta paling jauh datang dari SMA Unggul Del Medan, Sumatera Utara.

Ketua K12 2024, Fariz (13021088), mengungkapkan bahwa tujuan yang ditetapkan di awal berhasil terwujud. β€œHal ini melihat antusiasme dari para peserta yang tertarik untuk menempuh jurusan teknik di masa depan,” ujarnya.

Dia berharap kegiatan K12 dapat tetap diadakan setiap tahun dan dapat menggaet lebih banyak peserta.

Reporter: Luisa Carmel (Teknik Kimia, 2021)


scan for download