Jelajahi Kota Bandung dalam Navigacity

Oleh Gilang Ariawan Wicaksono

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Puluhan tim berlomba berkeliling Bandung dan melakukan berbagai permainan di titik-titik penting kota. Seluruh peserta juga tampak antusias dalam acara Geopoint 2012: Navigacity. Navigacity merupakan bagian dari rangkaian acara Geopoint 2012 yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Geodesi ITB (IMG ITB). Acara ini diselenggarakan pada Sabtu (28/04/12) dengan melibatkan 93 tim untuk menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah utama sebesar Rp5 juta.

Navigacity bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi geodesi dan geomatika ke masyarakat Bandung yaitu peta. Dalam acara ini masing-masing tim akan diberikan peta dan koordinat lokasi permainan melewati radio dan akun twitter @geopoint2012 yang diperbaharui tiap jamnya. Selain memperkenalkan aplikasi geodesi, Navigacity juga memiliki tujuan memperkenalkan tempat-tempat wisata yang ada di Bandung dan sekaligus sebagai alternatif sarana hiburan bagi warga Bandung.

Dalam acara ini, masing-masing tim beranggotakan 2-5 orang berkeliling Bandung dengan mengendarai mobil. Dengan berbekal peta dan koordinat lokasi, peserta berangkat dari Monumen Perjuangan di jalan Dipati Ukur dan harus mencari jalan menembus kemacetan Bandung di hari Sabtu untuk mencapai berbagai tempat wisata di Bandung.

Tempat yang dikunjungi ada enam pos yaitu Taman Hutan Raya, Museum Sri Baduga, Babakan Siliwangi, Museum Pos Indonesia, Masjid Raya Bandung, dan Braga City Walk. Di masing-masing tempat, peserta akan mengikuti games yang menentukan pemenang dari Navigacity. Setelah mengunjungi seluruh pos, tiap tim kemudian menuju garis finish di kampus ITB.

Pemenang Navigacity kemudian diumumkan di sore harinya, bertempat di Campus Center Timur ITB. Pemenangnya berasal dari tim E1 dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp5 juta, dan diikuti oleh tim A2 dan A 10 sebagai juara dua dan tiga dengan masing-masing mendapat hadiah sebesar Rp3 juta dan Rp2 juta.

Walaupun kalah, para peserta tampak cukup puas dapat berpartisipasi dalam acara ini. "Acaranya ramai, seru. Kalau biasanya kita ikut amazing race cuma di kampus, kali ini dilombakan. Misalnya jumlah pos bisa ditambah, pasti akan lebih seru," ujar Iqbal (Teknik Telekomunikasi 2008), salah seorang peserta Navigacity kali ini.


scan for download