ITB Raih Penghargaan Hibah Kompetitif Terbaik untuk Inovasi Pelestarian Lingkungan Hidup

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) mendapatkan penghargaan Hibah Kompetitif Terbaik atas inovasi pelestarian lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan dalam acara Penghargaan Inovasi Pendanaan Pembangunan Kompetitif (IP2K) Provinsi Jawa Barat 2024, yang diselenggarakan, Rabu (24/1/2024) di The Trans Luxury Hotel, Bandung.

Penghargaan ini diserahkan pada rangkaian acara Forum Konsultasi Publik (RKP) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2024.

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., hadir secara langsung untuk menerima penghargaan tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat, Dr. Iendra Sofyan, ST., M.Si, menjelaskan empat tujuan dan sasaran pembangunan daerah Jawa Barat. Prioritas utama mencakup terwujudnya pemerataan pembangunan wilayah dengan dukungan infrastruktur berkualitas dan lingkungan yang berkelanjutan.

"Pembangunan Jawa Barat prioritas pada pengembangan infrastruktur konektivitas wilayah dan pengelolaan lingkungan hidup, serta gerakan membangun desa," ujarnya.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa penduduk Jawa Barat menempati peringkat pertama di Indonesia dengan penurunan angka kemiskinan.

“PR ke depannya bagaimana ekonomi bisa terdistribusi merata,” katanya.

Menurutnya hal tersebut juga mencerminkan komitmen Jawa Barat untuk menciptakan perkembangan yang inklusif dan berkelanjutan.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. H. M Taufiq Budi Santoso, M.Soc.Sc., menjelaskan mengenai implementasi perencanaan pembangunan daerah provinsi Jawa Barat tahun 2025 akan memprioritaskan sesuai dengan arah kebijakan pembangunan, memastikan konsistensi perencanaan dan penganggaran, serta menargetkan sasaran prioritas pembangunan.

“Kolaborasi antar berbagai sumber pendanaan dan keterlibatan aktif pemangku kepentingan di luar pemerintahan juga menjadi fokus utama untuk mencapai kesuksesan pembangunan yang berkelanjutan di masa depan,” ujar Dr. Taufiq.

Dengan adanya penghargaan ini, membuktikan komitmen ITB terhadap pembangunan berkelanjutan. Melalui dedikasi dan inovasi dalam pelestarian lingkungan, ITB turut berkontribusi dalam menjaga dan memperkaya warisan lingkungan, demi membangun masa depan yang lestari dan berkelanjutan.

Reporter : Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)


scan for download