ITB Bersama Universitas di Austria Selenggarakan Workshop Ilmiah

Oleh Teguh Yassi Akasyah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pada Kamis (29/10/15), bertempat di Ruangan Indonesian Corner, Perpustakaan ITB (Institut Teknologi Bandung), Beberapa universitas di Austria bekerja sama dengan ITB menyelenggarakan sebuah pertemuan sains dalam rangka menyelaraskan dan melakukan pertukaran ilmu pengetahuan. Acara bertajuk "Joint Scientific Workshop ITB-Austrian Universities (ASEA-UNINET) 2015" tersebut turut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi University of Vienna ke-650 tahun dan Hari Jadi Vienna University of Technology ke-200 tahun. Selain itu, acara ini turut menjadi awal persiapan peringatan Hari Jadi ITB ke-100 tahun.

"Acara ini menjadi suatu ajang pertukaran pikiran dan ilmu antar-peneliti di bidangnya. Tentu saja menjadi ajang keakraban antar pendidik antar-universitas yang terlibat," tutur Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Organisasi (WRSO) ITB, Prof. Dr. Irawati, MS, dalam pembukaan acara tersebut. Turut hadir Andreas Karabaczek, Duta Besar Austria untuk Indonesia, yang menyatakan bahwa ajang ini merupakan sebuah ide yang cocok diterapkan dalam menyelaraskan pengetahuan. "Saya sangat antusias ketika mengetahui acara ini diselenggarakan. Selain itu, acara ini turut menjadi ajang publikasi pendidikan di Austria kepada civitas academica ITB, khususnya mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di sana," tutur Andreas Karabaczek dalam sesi wawancara.

Dalam acara, beberapa pembicara yang turut menyampaikan penelitiannya adalah perwakilan atau duta dari Vienna University of Technology, Prof. A Min Tjoa; Dr. Gabriele Weichart dari University of Vienna; Dr. Ulrike Herbig dari Vienna University of Technology; Dr. Kania Dewi, S.T., M,T. dari FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) ITB; Dr. Ing. Himasari Hanan, MAE dari SAPPK (Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan) ITB; Prof. Ing. Mag. Dr. Thomas Hofer dari University of Innsbruck; dan lainnya.

Di sesi terakhir, Prof. A Min Tjoa turut menyampaikan sebuah prolok singkat mengenai tata belajar di Austria. "Saya sangat merasa bangga kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan dan terus berjuang untuk meraih suatu konsep ilmu. Melalui acara ini turut disampaikan tata pendidikan di Austria dalam hal memberikan gambaran kepada civitas academica ITB," tambah Prof. A Min Tjoa ketika diwawancarai tentang pendidikan.


scan for download