FSRD ITB dan DILANS Indonesia Gelar Road to International Disability Day 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB) dan Pergerakan Disabilitas dan Lanjut Usia (DILANS) Indonesia menggelar kegiatan Road to International Disability Day 2023 bertajuk "Disability, Social Inclusion, and Climate Crisis". Terdapat rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada 13-17 November 2023 di Center for Art, Design, and Language ITB tersebut, mulai dari dialog interaktif, pameran, hingga kuliah umum.

Presiden DILANS Indonesia, Farhan Helmy, mengatakan, interaksi antara pihaknya dengan FSRD ITB telah berlangsung lama. Hal ini membuahkan banyak kolaborasi untuk inklusivitas penyandang disabilitas.

Beliau menuturkan, hingga saat ini masih banyak fasilitas sosial yang belum ramah bagi berbagai penyandang disabilitas. Namun, DILANS Indonesia terus berupaya untuk mengajak setiap pihak peduli dengan hal tersebut.

Tujuan besar dari kegiatan ini, kata beliau, untuk melakukan sosialisasi dan advokasi isu disabilitas dan lansia dan isu terkait lainnya ke berbagai pemangku kepentingan baik nasional maupun internasional; menciptakan "market place" untuk mempertemukan gagasan, pembelajaran, dan berbagai aspirasi untuk melakukan kolaborasi multipihak dalam upaya percepatan implementasi; serta mendorong komitmen mitra untuk memobilisasi sumber daya pendanaan baik melalui kemitraan berbasis program atau kemitraan melalui insiasi fundrising DILANS Indonesia.

Beliau mengatakan, kaitannya dengan krisis iklim, ketika kenaikan suhu bumi melampaui ambang batas 1,5 derajat Celsius, penyandang disabilitas dan lansia menjadi pihak yang paling terdampak. Menurutnya, upaya untuk mencegahnya mesti dilakukan berbagai pihak seiring jumlah difabel dan lansia di Indonesia mencapai puluhan juta orang dan di dunia sekitar 1 miliar orang.

"Kita berada di sini tidak sekadar hanya memperingati Hari Disabilitas Internasional," ujarnya.

Melalui kegiatan-kegiatan yang DILANS Indonesia lakukan, salah satunya dengan FSRD ITB, menjadi upaya terus-menerus untuk pemenuhan hak penyandang disabilitas. Salah satu kegiatan besarnya akan digelar pada 2-10 Desember 2023 ini seiring dengan Hari Disabilitas Internasional.

Beliau berharap berbagai inovasi sains, teknologi, dan seni dari ITB dapat mengubah pandangan, perilaku, sekaligus menyelesaikan banyak hal yang dihadapi oleh penyandang disabilitas.

Sementara itu, Dekan FSRD ITB, Dr. Andryanto Rikrik Kusmara, M.Sn., menyambut baik inisiatif dari berbagai pihak, khususnya kerja sama dengan DILANS Indonesia.

"Saya menyambut baik acara ini. Saya yakin akan banyak orang-orang yang akan terinspirasi oleh Kang Farhan ini dan DILANS Indonesia untuk kemudian kita memiliki satu peradaban yang lebih baik. Mulai di lingkar yang paling dekat, lingkar luar, sampai lingkar global," katanya.

Reporter: M. Naufal Hafizh

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download