Final ITB CUP 2007

Oleh

Editor -

Bandung, itb.ac.id – Sabtu (17/02). ITB Cup 2007 usai sudah. Pada hari itu dilangsungkan pertandingan final dan pertandingan perebutan juara ketiga. ITB Cup kali ini dimenangkan oleh Unpas (Universitas Pasundan), kemudian disusul dengan IPDN (dahulu STPDN) sebagai juara kedua. Sedangkan juara ketiga diraih oleh Polban (Politeknik Bandung) yang berhasil mengalahkan STFB (Sekolah Tinggi Farmasi Bandung).

Sebagai pertandingan pembuka, pada pukul 09.00 WIB telah dilangsungkan pertandingan perebutan tempat ketiga antara Polban melawan STFB. Polban unggul tiga set berturut – turut atas STFB (3–0). Set pertama diakhiri dengan skor 25 – 21. Set kedua juga ditutup dengan skor yang sama 25 – 21. Kemudian pada set ketiga Polban kembali unggul dengan skor 25 – 22.

Masih pada hari yang sama pada pukul 13.00 WIB, pertandingan final antara UNPAS dengan IPDN berlangsung seru. Kedua belah tim mengerahkan seluruh kemampuannya di babak ini. UNPAS unggul lebih dahulu dari IPDN pada set pertama (25 – 12). Pada set yang kedua IPDN berhasil menyamakan kedudukan dengan unggul empat point dari IPDN (25 – 21). Pada set ketiga UNPAS kembali unggul atas IPDN (25 – 22). Namun di saat yang kritis ini IPDN berhasil bangkit dan memenangkan set yang keempat dengan skor 18 – 25. Akhirnya setelah empat set yang melelahkan tersebut, UNPAS menutup babak final ITB Cup 2007 dengan mengalahkan IPDN 15 – 10.

Selain dua babak seru tadi, diadakan juga seremonial penyerahan hadiah untuk ketiga juara. Piala juara ketiga diserahkan oleh Eri (Ketua UBV, Farmasi 2004) kepada perwakilan dari tim Polban. Piala juara kedua diserahkan oleh Raka Whisnu (Planologi 2004, Ketua ITB CUP 2007) kepada perwakilan dari tim IPDN. Sedangkan juara pertama mendapatkan piala rektor ITB, piala diserahkan oleh bapak Suhono (Pembina UBV, sekaligus dosen Elektro). Upacara penyerahan hadiah berlangsung cukup meriah, selain diwarnai dengan sorakan – sorakan dari ketiga tim, seremonial ini juga dirayakan dengan confetti.

ITB Cup tahun depan rencananya akan diadakan sekitar tanggal 8 Februari 2008. Berbeda dengan ITB Cup tahun ini, ITB Cup 2008 akan diikuti oleh tim bola voli putra dan putri. Menurut Raka Whisnu pada ITB Cup tahun 2010 akan dilakukan perubahan sistem yang cukup berarti. Saat ini ITB Cup berupa invitasi antar perguruan tinggi se–Bandung, dimana hanya tim yang diundang saja yang boleh mengikuti ITB Cup. Sedangkan tiga tahun mendatang, ITB Cup akan berubah menjadi turnamen bola voli, yang berarti semua perguruan tinggi dapat mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam ITB Cup nantinya. Sehingga diharapkan tercipta suasana pertandingan yang lebih kompetitif. Sukses selalu untuk UBV.

scan for download