Festival Paduan Suara XXVI ITB 2021: Wadah Paduan Suara Berharmoni dalam Keanekaragaman Corak Budaya

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id—Festival Paduan Suara XXVI ITB 2021 dilaksanakan secara daring pada 31 Agustus 2021 s.d. 5 September 2021 di Youtube PSM-ITB. Festival tersebut merupakan yang paling tertua di Indonesia sebab pertama kali diselenggarakan pada 1968. Pada tahun ini, FPS ITB memiliki tiga Artistic Director, yaitu Avip Priatna, Aning Katamsi, dan Adi Nugroho.

Upacara pembukaan FPS XXVI ITB 2021 diawali oleh penampilan PSM-ITB dengan dua lagu, yaitu medley Glen Fredly dan Adu Rayu, lagu yang dipopulerkan oleh Glen Fredly dan Yovie Widianto. Total, terdapat 665 penonton upacara pembukaan ini dalam durasi 1 jam 30 menit.

“Dengan mengusung slogan semarak berharmoni, Festival Paduan Suara XXVI ITB 2021 diharapkan dapat menjadi wadah bersatu dan berkumpulnya pegiat paduan suara yang memiliki corak budaya yang berbeda,” ucap Quinta F. (Matematika, 2018) selaku ketua pelaksana FPS XXVI ITB 2021 dalam sambutannya.

Rangkaian acara FPS XXVI ITB 2021 terdiri dari upacara pembukaan, rangkaian webinar dan workshop, Choir Exhibition, dan upacara penutupan. Rangkaian webinar dan workshop menghadirkan dua pembicara dalam negeri dan dua pembicara lain dari USA yang masing-masing membawakan materi yang berbeda, yaitu materi conducting; online rehearsal, technical & artistic approach; dan producing virtual choirs. Adapun choir exhibition merupakan penampilan 11 paduan suara dengan dua kategori penampilan, yaitu lagu rakyat dan musik kekinian.

FPS XXVI ITB 2021 resmi dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, D. Arch. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa syukur karena mahasiswa ITB memiliki inisiatif tinggi dalam berbagai kegiatan akademik maupun nonakademik, termasuk FPS XXVI ITB 2021. Berbagai kemampuan intrapersonal dan softskills dalam berkemahasiswaan sangat diperlukan dalam karier ke depan. Melalui FPS XXVI ITB 2021, banyak manfaat yang bisa dipetik oleh semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Upacara pembukaan FPS XXVI ITB 2021 ditutup dengan penampilan Batavia Madrigal Singers (BMS) sebagai opening concert yang membawakan berbagai lagu. Lagu pertama berjudul Jagdlied, Op. 59, No. 6, sebuah lagu klasik yang menceritakan kegiatan berburu, sedangkan lagu kedua berjudul O schöne Nacth, Op. 92, No.1, yang menceritakan keindahan malam. Lagu ketiga berjudul Vous Etes Jolie, sedangkan lagu keempat berjudul Bahasa Kalbu, lagu yang dipopulerkan oleh Titi DJ. Lagu terakhir berjudul Uptown Funk, lagu modern yang dipopulekan oleh Bruno Mars. Seluruh proses perekaman memprioritaskan protokol kesehatan. Kedua MC juga sudah divaksinasi sebagai upaya preventif penyebaran virus Covid-19.

Reporter: Mirmanti Cinahya Winursita (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download