Eksplorasi Sistem dan Proses Biomimikri dalam Pengembangan Desain Produk untuk Mitigasi Bencana

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id–Sebagai seorang desainer produk, Bismo Jelantik Joyodiharjo, M.Ds., banyak menghasilkan karya di berbagai lintas keilmuan. Pada gelar wicara Karsa Loka ITB, ia bercerita mengenai “Eksplorasi Sistem dan Proses Biomimikri dalam Pengembangan Desain Produk untuk Mitigasi Bencana” pada Jumat (23/6/2023).

Dosen Desain Produk, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB itu menyadari bahwa di masa ini tatanan kehidupan tidak lagi berfokus pada eco yang dekat dengan alam, melainkan kepada ego dengan menempatkan manusia sebagai makhluk yang paling berkuasa. Hal itu yang menyebabkan banyak kekacauan keseimbangan alam terjadi karena manusia mengedepankan egonya. Ia melihat permasalahan foto ikan pari yang berenang di laut dengan sampah-sampah di sekitarnya dengan penuh keprihatinan.

“Dengan adanya ego, manusia terkadang berusaha memecahkan masalah tapi sebenarnya menghasilkan masalah baru,” ujar Bismo.

Melihat banyaknya masalah keseimbangan alam yang terjadi, Bismo mengenalkan istilah MPS, kependekan dari mimikri, proses, dan sistem dari sudut pandang desain produk. Mimikri berarti membuat atau mendesain produk dengan menirukan keadaan alam sekitar.

Jenis mimikri sendiri dibagi menjadi tiga di antaranya mengikuti tampilan (surface), perilaku (behavioral), dan cara kerja (functional). Proses mimikri ini menjadi landasan awal seperti apa desain akan dibuat, seperti contohnya ketika membuat robot menyerupai anjing dengan memimikri gestur gerakan ekornya.

Setelah ditentukan memikri objek apa, langkah selanjutnya dalam membuat produk adalah prosesnya. Bismo mengenalkan tiga proses yang umum digunakan di antaranya formatif (dengan membentuk material seperti casting, stamping, dan forging), subtraktif (dengan mengurangi material seperti cutting, milling, dan lathe), dan aditif (dengan menambahkan material seperti 3D printing). Lalu langkah selanjutnya adalah sistem yang dipilih yakni apakah produk nantinya disusun secara modular (mampu bongkar-pasang) atau integral (dibentuk dalam satu kesatuan).

Terinspirasi dari ikan pari yang berenang di lautan tercemar sampah, Bismo membuat prototipe dengan pendekatan metode MPS. Ia mendesain mesin penangkap sampah perairan dengan memikri tampilan, perilaku, dan cara kerja tubuh-tubuh ikan ini. Mesin propulsi untuk pergerakan prototipe ini adalah menyerupai pergerakan sayap/sirip ikan pari yang melambai ke atas dan ke bawah saat berenang. Bahan yang digunakan untuk bagian ini terdiri atas material keras dan lembut. Adanya perbedaan tekstur tersebut membuat bagian tersebut mengalami perlambatan pergerakan saat dalam air sehingga menyerupai pergerakan sirip ikan pari.

“Konsep ini dibuat secara simpel karena supaya bisa di-print tanpa ada material yang terbuang sehingga lebih hemat. Kemudian komponen-komponen yang digunakan umum kita jumpai sehingga bisa dengan mudah mendapatkannya,” tambahnya.

Kemudian ide bagaimana cara alat ini menangkap sampah ia memimikri mulut ikan pari yang menghisap plankton sebagai makanannya. Prototipe ini menggunakan prinsip modular sehingga mampu menyesuaikan apabila ingin ada fitur tambahan seperti kamera, speaker, dan lain-lain.

Prototipe selanjutnya adalah mengembangkan pesawat nirawak (drone) mini untuk aksi penyelamatan. Ide ini berawal dari kecelakaan kapal Sinar Bangun yang menewaskan 18 dari 22 orang penumpang. Kecelakaan memakan korban ini terjadi karena kapal yang dioperasikan melebihi kapasitas muatan yang bisa ditanggung sehingga kapal tenggelam. Belum lagi faktor keamanan yang sangat minim sehingga para penumpang tidak mampu menyelamatkan diri dengan cepat.

Kondisi tersebut menginspirasi Bismo dalam mengembangkan prototipe pesawat nirawak mini yang mampu membawa pelampung untuk aksi penyelamatan korban yang terapung di lautan. Lengan-lengan penjepit prototipe ini memikri pergerakan lengan belalang sembah untuk mencengkeram pelampung dengan kuat kemudian menjatuhkannya di lokasi korban.

Karya-karya lain yang ia kenalkan yakni memikri bentuk angklung untuk membuat angklung berbahan sintetis. Kemudian Bismo juga mendesain prototipe sepeda motor ramah lingkungan segala medan bernama Modultrax dengan memikri bentuk sarang lebah untuk material yang dipakainya. Modultrax sangat berguna untuk mobilisasi kawasan bencana alam di daerah yang minim BBM (bahan bakar minyak) karena memanfaatkan tenaga listrik untuk mengoperasikannya.

Karya-karya yang Bismo buat selama ini sangat merefleksikan bentuk alam sekitar untuk membuat perangkat-perangkat yang membantu banyak permasalahan melalui metode MPS. Beliau menyadari bahwa sebagai seorang desainer produk, memiliki keterbatasan dalam hal fungsional alat. Akan tetapi, hal tersebut justru memunculkan gairah untuk berusaha terus mengatasi permasalahan sekitar melalui riset kolaborasi dengan disiplin ilmu terkait. Berkat kemampuan kolaboratifnya ini Bismo banyak menyumbangkan produk yang menjawab permasalahan sekitar dengan kualitas fungsional dan desain yang saling melengkapi.

Reporter: Lukman Ali (Teknik Mesin, 2020)


scan for download