Dorong Mahasiswa untuk Berwirausaha, Prodi Kimia ITB Gelar Seminar Kewirausahaan

Oleh Irfaan Taufiiqul Rayadi

Editor -

How to Become Entrepreneur

BANDUNG, itb.ac.id – Bertempat di Ruang 2104 Gedung Kimia ITB, Program Studi Kimia ITB kembali menggelar Seminar Kimia dan Masyarakat dengan mengangkat tema “”. Seminar yang diselenggarakan pada Rabu (31/03/2017) ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa ITB, khususnya mahasiswa kimia ITB agar bisa menyadari luasnya aplikasi ilmu dan prospek kerja lulusan kimia di berbagai bidang, salah satunya sektor wirausaha.

Ibnu Ubaidillah (Kimia 2006) yang juga merupakan pembina tim Pekan Kreativtas Mahasiswa (PKM) ITB berkesempatan menjadi pembicara pada seminar ini. Ibnu banyak bercerita mengenai pengalaman berwirausaha yang telah dimulainya sejak mahasiswa. Berbagai jenis bidang usaha pernah beliau tekuni, mulai dari usaha clothing, kuliner, hingga konsultan sekolah. Dalam menginisiasi suatu bisnis, Ibnu menuturkan bahwa dirinya banyak melakukan inovasi dengan melihat masalah disekitarnya dan mencoba mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Selain itu, Ibnu juga menjelaskan bahwa banyak wadah yang tersedia di ITB untuk mahasiswa yang tertarik pada bidang kewirausahaan, misalnya Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Program PMW mendanai mahasiswa yang ingin merintis bisnis dari awal maupun sebatas business development. Kemudian, ada juga Techopreneurship Orientation Program yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB. Program tersebut bertujuan untuk melatih mahasiswa yang hendak merintis start-up berbasis teknologi. Kedua program tersebut sejalan dengan tujuan yang dicanangkan Rektor ITB ketika diangkat menjadi rektor pada tahun 2014 yaitu menjadikan ITB sebagai Entrepreneurial University. 

Seminar ditutup dengan penjelasan singkat oleh Ibnu mengenai kunci utama menjadi seorang entrepreneur yakni melakukan usaha serta doa terbaik. Ibnu meyakinkan peserta bahwa tujuan untuk sukses berwirausaha dapat tercapai dengan mudah lewat usaha dan doa terbaik.

Reporter :
Muhammad Fauzan Al Ghifary
(Teknik Kimia 2015)
ITB Journalist Apprentice 2017


scan for download