Digital Culture Exhibition R-ICT 2007

Oleh

Editor -

BANDUNG,www.itb.ac.id – ITB menyelenggarakan Digital Culture Exhibition dalam rangka Rural Information and Communication Technology (R-ICT) 2007. Acara ini diinisiasi oleh Pusat Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK) ITB bekerja sama dengan CDC (Career Development Center) ITB, Desain Komunikasi Visual FSRD ITB, dan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika. Acara ini akan berlangsung selama 2 hari dimulai Senin (6/8) ini dengan mengambil tempat di Aula Barat ITB. Sementara di Aula Timur diadakan Konferensi Internasional R-ICT 2007.
“We hope that this event will mark the beginning of very exciting development in ICT for rural communities and people at the bottom of the pyramid,” menurut Dr. Armein Z. R. Langi saat menyampaikan sambutannya selaku Chairman R-ICT 2007, yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK) ITB.
Digital Culture Exhibition ini menampilkan berbagai budaya bangsa selaras dengan perkembangan perkembangan ICT saat ini. Dalam opening ceremony, dipimpin oleh seorang lengser dengan diiringi tarian khas Indonesia dan kemudian dilakukan penekanan tombol oleh Prof. Dr. Ir. Carmadi Machbub, Wakil Rektor Senior Bidang Sumber Daya ITB, yang membuka payung di puncak elevator yang berarti Digital Culture Exhibition secara remi dibuka.
Kemudian dalam acara ini juga dilakukan launching dari Campus Channel, sebuah media kolaborasi dari berbagai media di ITB. Berbagai media, seperti Kantor Berita ITB, Kominfo KM ITB, Liga Film Mahasiswa, Ganesha TV, Radio Kampus, dan Amateur Radio Club sudah ikut mengambil peran dalam Campus Channel. Campus Channel sendiri hadir dalam 3 bentuk media, yaitu IP-TV, IP-Radio, dan website. Kali ini dalam penyiaran perdana dari Campus Channel IP-TV menampilkan berbagai dummy program dan reportase langsung R-ICT 2007. IP-TV ini juga merupakan test bed dari penerapan R-ICT untuk lingkungan kampus ITB.
Digital Culture Exhibition ini menghadirkan stand dari berbagai industri ICT maupun sponsor, seperti Microsoft, Fren, Bakrie Telecom, Pusat Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK) ITB,Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB, Desain Komunikasi Visual (DKV) ITB, Campus Channel, Common Room Network Foundation, dan masih banyak lagi. Selain eksibisi, acara ini diramaikan juga dengan performance dari Terah & Pandhyta, Wayang Golek Workshop and Performance oleh Dadan Sunarya, Workshop Thumbdigital. Acara ini terbuka untuk umum sehingga diharapkan masyarakat dapat hadir dan memahami perkembangan ICT saat ini.
Di malam harinya, diselenggarakan Gala dinner di Lapangan Basket Campus Center bagi seluruh peserta konferensi R-ICT 2007. Pada Gala dinner ini turut diramaikan oleh Empat Peniti (Jazz Band), Bandel (Band Elektro), Multi media Performance.

scan for download