Dies 58 Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma ITB

Oleh kikywikantari

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Ikatan Mahasiswa Arsitektur-Gunadharma ITB merayakan hari jadinya yang ke-58 pada tanggal 15 November 2009 dengan mengadakan beberapa rangkaian acara bertema "Ulik Publik" yang berlangsung dari tanggal 16 Oktober-14 November 2009 di kampus ITB. Rangkaian acara tersebut, antara lain: Workshop Re-Desain Jalan Ganeca, Festival Arsitektur, Pameran Napak Tilas dan G-Nite yang didedikasikan untuk anggota IMA-G terdahulu hingga saat ini.

Workshop Re-desain Jalan Ganeca yang berlangusung pada tanggal 16-31 Oktober 2009 ini dibuat untuk mempelajari krisis-krisis yang terjadi di sekitar Jalan Ganeca dan membentuk solusi yang dapat diwujudkan melihat potensi-potensi yang ada di lingkungan sekitarnya. Kali ini, pedestrian menjadi masalah utama dalam krisis-krisis yang ditemukan oleh para peserta.

Selain berdiskusi dan bertukar pikiran dengan teman sekelompok, para peserta workshop juga mendapat pembekalan ilmu pengetahuan tatanan perkotaan dari Prof. Ir. Moch. Danisworo, M.ARCH., M.U.P, Ph.D dan Ade Tinamei ST., MT. Pada tanggal 31 Oktober 2009, para peserta mengumpulkan karyanya dan presentasi di hadapan para juri mengenai rancangan Re-Desain Jalan Ganeca masing-masing yang diwakili oleh satu orang dari tiap kelompok.

Pada tanggal 7 November 2009, diadakan Festival Arsitektur bertempat di sekitar Boulevard ITB, menampilkan street performances, fashion show, band-band tamu dan stand-stand kuliner. Street performances yang ditampilkan antara lain: Parkour Bandung, Capoeira Quizumba ITB, Dancin-G (salah satu kelompok minat di IMA-G), dll. Kemudian, fashion show bekerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, dilanjutkan dengan penampilan oleh band-band tamu seperti Arkavidian Quartet, 4 Peniti, ITJazz, Balum, dll.

Kemudian, pada tanggal 11-14 November 2009 bertempat di Galeri Arsitektur Labtek IXB ITB, diadakan Pameran Napak Tilas yang memperlihatkan karya anggota IMA-G dari masa ke masa mulai tahun 1960 hingga saat ini. Alumni hingga anggota bina IMA-G dapat mempertunjukkan karyanya berupa karya dua dimensi maupun tiga dimensi.

Terlihat semakin berkembangnya karya-karya anggota IMA-G mengikuti tuntutan zaman dengan memperhatikan isu-isu yang berkembang pada zamannya, contohnya seperti Dr. Woerjantari K. Soedarsono yang merancang Planetarium dan Ade Tinamei ST., MT yang merancang Mass Rapid Transport Station. Selain itu, anggota-anggota IMA-G periode di atas tahun 2000-an juga menyumbang karya berupa nirmana dua dan tiga dimensi berupa hasil permainan kombinasi warna dan garis, hingga kombinasi bahan yang digunakan.

Rangkaian acara terakhir adalah G-Nite yang berlangsung pada tanggal 14 November 2009 di Amphiteataer Arsitektur dan Galeri Arsitektur ITB. G-Nite merupakan acara puncak perayaan Dies ke-58 yang diadakan oleh anggota biasa dan bina IMA-G, tahun ini bertema "Profesi". Para anggota IMA-G yang menghadiri acara tersebut mengenakan pakaian yang menunjukkan suatu profesi yang mereka pilih.

Acara berformat santai dan akrab ini diisi dengan pemutaran film kabaret, penampilan band-band alumni, pemotongan kue ulangtahun raksasa berbentuk huruf G, dan pembacaan award untuk kostum terbaik yang jatuh pada Anastasia Widyaningsih (AR'05) dan Wahyu Pratomo (AR'07).

Dies IMA-G ke-58 pada tahun ini diharapkan dapat memberikan manfaat pada semua pihak yang terlibat dalam proses berjalannya acara, baik anggota IMA-G, alumni, dosen, masyarakat sekitar lingkungan Arsitektur ITB, dan masyarakat Arsitektur lainnya.


scan for download