Pesan WRAM ITB untuk Peserta UTBK 2024: Raih Cita-Cita dengan Kerja Keras dan Integritas

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Dok.Humas ITB/Asep Kurnia

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB), menjadi lokasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024, yang mulai dilaksanakan Selasa (30/4/2024).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., memberikan pesan penting kepada peserta UTBK 2024. Beliau mengatakan bahwa UTBK merupakan salah satu langkah awal dalam meraih cita-cita. Maka dari itu, diperlukan kerja keras dan integritas yang tinggi dalam mencapainya.

"UTBK ini kan untuk mencapai satu cita-cita tertentu, yang sudah dipersiapkan untuk masa depan. Karena itu setiap orang yang ingin mencapai cita-citanya harus bekerja keras," katanya saat ditemui di Gedung Center for Research and Community Service (CRCS), ITB Kampus Ganesha, Bandung.

Beliau pun mengingatkan bahwa kerja keras saja tidak cukup. Integritas, kejujuran, dan kesesuaian antara perbuatan dan perkataan menjadi faktor penting yang akan membentuk karakter para peserta di masa depan. Hal ini akan menjadi bekal berharga saat mereka menjadi mahasiswa dan memasuki dunia kerja.


Dok.Humas ITB/Anggun Nindita

Prof. Jaka juga memberikan semangat kepada peserta ujian dan mengingatkan agar tetap fokus selama mengikuti UTBK ini.

"Kita tidak boleh patah semangat, harus tetap berusaha. UTBK ini adalah tahap pertama, sampai akhirnya semakin dekat dengan cita-cita atau tujuan kita. Kalau itu kita pegang, Insha Allah kita akan sukses untuk ke depannya," ungkapnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan UTBK di ITB, terdapat di beberapa lokasi di ITB Kampus Ganesha, antara lain di Labtek IX B/Arsitektur, Labtek IX A/PL, Labtek I, Gedung CAS, Gedung Perpustakaan, Labtek XIX/SBM Freeport, Labtek III/TI, Labtek X, Labtek XI, Labtek VI, Labtek V, Labtek II/FTMD, dan Gedung CIBE.

Tak hanya, di ITB Kampus Ganesha, UTBK juga diadakan di beberapa sekolah mitra, yakni di SMAN 5 Bandung serta SMAN 3 Bandung.

Pelaksanaan ujian di Pusat UTBK ITB akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang I pada 30 April dan 2–7 Mei 2024 serta Gelombang II digelar pada 14–20 Mei 2024.

Tercatat sebanyak 15.676 peserta mengikuti UTBK di ITB tahun ini, yang terbagi dalam dua sesi ujian di pagi dan siang hari. Sementara itu, kapasitas maksimum peserta UTBK per sesi di Pusat UTBK ITB sebanyak 1.015 peserta, dengan pembagian di ITB sebanyak 715 peserta dan di lokasi mitra sebanyak 300 peserta.


scan for download