Obituari: Selamat Jalan Prof. Senator Nur Bahagia

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Dok.Humas ITB/M.Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Keluarga Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) berkabung atas wafatnya Purnabakti Guru Besar Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB, Prof. Dr. Ir. H. Senator Nur Bahagia, DEA. Almarhum wafat Selasa (9/4/2024) yang bertepatan dengan 29 Ramadan 1445H, pada pukul 13.45 WIB di Bandung.

Sebagai bentuk penghormatan terakhir dan penghargaan atas jasa, dharma bakti, serta pengabdian kepada ITB, negara, dan bangsa semasa hidupnya, almarhum disemayamkan dan dilepas di Aula Barat ITB, ITB Kampus Ganesha, Bandung, Rabu (10/4/2024), atau yang bertepatan dengan 1 Syawal 1445H.

Prof. Senator lahir di Pekalongan, 31 Maret 1954. Beliau merupakan Guru Besar di Kelompok Keahlian Sistem Industri dan Tekno Ekonomi. Beliau menjadi mahasiswa ITB jurusan Teknik Industri tahun 1977. Kemudian melanjutkan S2 pada 1981 di Manajemen Produksi, IAE -L'Universite d'Aix Marseille III, Perancis dan S3 pada 1985 di Sistem Produksi dan Logistik, IAE-L'Universite d'Aix Marseille III, Perancis.

Almarhum mendapatkan gelar profesor pada tahun 2004. Adapun jabatan yang pernah beliau emban selama mengabdi di ITB adalah Kepala Pusat Penelitian Sistem Logistik dan Rantai Pasokan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB.

Semasa hidup, almarhum tercatat pernah meraih sejumlah penghargaan, antara lain penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun pada 2003, penghargaan 25 Tahun ITB pada 2003, penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun pada 2009, penghargaan 40 Tahun ITB di 2018, dan yang terakhir penghargaan Bidang Pengembangan Kelembagaan pada Dies Natalis ke-65 pada 2024.

Sebagai informasi, pada tahun 2012, Prof. Senator merupakan salah satu penggagas berdirinya Program Studi Magister Logistik ITB untuk menjawab kebutuhan di bidang logistik di Indonesia. Saat ini program Magister Logistik ITB menjadi salah satu rujukan dalam mengembangkan program studi serupa, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Selain itu, almarhum juga sangat aktif mengembangkan program studi Teknik Industri di ITB, sehingga kini Teknik Industri menjadi salah satu program studi terfavorit di ITB.

Melalui jejaring sosialnya, ia juga aktif mengembangkan kegiatan kerja sama dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam skala nasional, beliau banyak terlibat dalam pengembangan National Logistics Blue Print pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Prosesi pelepasan jenazah alm. Prof. Senator, berlangsung secara khidmat. Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan ITB, Prof. Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D., dalam pidato pelepasannya menyampaikan belasungkawa yang teramat dalam atas wafatnya almarhum.

Semasa hidup, beliau telah menapaki perjalanan panjang di dalam karirnya. Beliau juga merupakan sosok terhormat yang banyak berjasa tidak hanya bagi ITB, namun bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

"Selamat jalan Prof. Senator, terima kasih atas segala dedikasi dan pengabdiannya. Doa kami semua menyertai Bapak, semoga berada dengan tenang di sisi Allah SWT," ujar Prof. Abduh.


scan for download