Mahasiswa TPB FSRD Gelar Pameran Akademik “Arnavala” 2022

Oleh Adi Permana

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id — Mahasiswa Tahap Persiapan Bersama Fakultas Seni Rupa dan Desain (TPB FSRD) ITB menggelar pameran akademik bertajuk Arnavala. Pameran ini dilaksanakan pada Jumat (10/6/2022) hingga Sabtu (11/6/2022) secara daring di situs web https://www.arnavala.com/ dan luring pada Aula Timur Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pameran tahunan di akhir semester genap ini merupakan wadah untuk menunjukkan karya-karya seni akademik serta karya bebas yang telah dibuat selama menjalankan TPB. “Terdapat sekitar +5000 karya terbaik yang akan ditampilkan dalam pameran ini. Saya yakin setiap karya yang dihasilkan memiliki cerita menarik di belakangnya, yang masing-masing menampilkan ciri khas dan gaya setiap mahasiswa,” ujar Kukuh Rizki Satriaji, S.Ds., M.T., selaku koordinator TPB FSRD pada sambutan pameran.

Nama Arnavala sendiri berasal dari bahasa sansekerta, Arnav memiliki arti lautan serta Kala yang memiliki arti seni. Dua kata itulah yang merepresentasikan latar belakang digelarnya pameran TPB FSRD tahun ini. Penggabungan kata menjadi Arnavala memiliki arti lautan seni tempat mahasiswa TPB FSRD ITB 2021 melakukan proses pembelajaran seni rupa dan desain sehingga menghasilkan karya yang beragam dan inspiratif.

Pada pameran ini, angkatan 2021 FRSD ITB juga mengangkat isu mengenai perkuliahan yang harus mereka jalani secara hybrid karena hal itu merupakan suatu tantangan bagi mereka selama satu tahun ke belakang.

Peserta pameran sendiri totalnya berjumlah 329 mahasiswa TPB FSRD 2021 yang terdiri dari 253 mahasiswa kampus Ganesha, 43 mahasiswa kampus Cirebon, dan 33 mahasiswa kampus Jatinangor, sebelum pada akhirnya mereka melanjutkan penjurusan ke program studi masing-masing pada semester selanjutnya.
Dekan FSRD berpesan, “Jangan lupa perjalanan selama 2 semester lalu dan diakhiri dengan pameran ini adalah jalan yang terbaik bagi adik-adik mahasiswa dalam mengarungi dunia profesi seni rupa, kriya, dan desain yang demikian luas, dinamis, dan menantang di masa yang akan datang,” ujar Dr. Andryanto Rikrik Kusmara, S.Sn., M.Sn., dalam sambutan pameran.

Rangkaian acara pameran ini terbagi menjadi tiga bagian, yakni pre-event, main event, dan post event. Pada pre-event terdapat dua acara, yang pertama “Selingan” berupa live sketching dan parade kecil yang dilaksanakan pada Minggu (5/6/2022) di Teras Gasibu dan jalur parade Bandung Geological - Gedung Sate. Kedua, acara “Finding Your New Form” berupa Workshop Character Design pada Rabu (8/6/2022) yang dilaksanakan secara daring.

Pada main event terdapat tiga acara selain pameran karya. Dua acara pertama dilaksanakan pada Jumat (10/6/2022), acara pertama “Live Performance ARNAVALA by TPB FSRD 2021” yang merupakan pertunjukan seni oleh mahasiswa TPB FSRD 2021. Kedua, “Workshop Embroidery #BermainBenang” dengan narasumber Shafa Inayah. Ketiga, “Workshop Mix Media Akrilik-Watercolor” dengan narasumber M Rusyan Yasin yang dilaksanakan pada Sabtu (11/06/2022).

Di akhir rangkaian kegiatan atau post event, TPB FSRD 2021 mengadakan acara “Arnawirasa” berupa challenge kreasi konten bertemakan kepedulian lingkungan yang dilaksanakan pada 20-28 Juni 2022. Selain itu, TPB FSRD 2021 juga mengadakan acara “Charity ft. AER.MOVEMENT” yang dilaksanakan dengan berkerja sama dengan AER.MOVEMENT untuk menyalurkan dana bantuan untuk menyediakan tempat sampah, penanaman mangrova, dan kegiatan membersihkan pantai pada 9-15 Juni 2022 di Pulau Buru, Maluku.

Reporter: Inas Annisa Aulia (Seni Rupa, 2020)


scan for download