LKM VIII ITB: Membangun Pola Pikir Positif untuk Mengatasi Tantangan Masa Depan

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id-Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) VIII ITB resmi dibuka pada Sabtu, 4 September 2021. Kegiatan pelatihan kepemimpinan ini ditujukan kepada beberapa perwakilan mahasiswa dari seluruh lembaga kemahasiswaan di ITB. LKM VIII ITB 2021 diikuti oleh sebanyak 220 peserta. Kegiatan ini merupakan LKM kedua yang dilakukan secara daring.

Acara dimulai dengan sambutan pembukaan yang dibawakan oleh Direktur Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn. serta Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D.

Rektor menyampaikan tujuan dari adanya pelatihan kepemimpinan ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam hal kepemimpinan berorganisasi, sensitivitas terhadap lingkungan, dan pengabdian. Menurutnya, acara ini dapat membangun mahasiswa yang berkarakter nasionalisme, sosialisme, jiwa kepemimpinan yang kuat serta pola pikir positif (positive mindset).

“Sesuai dengan salah satu nilai yg diusung (pada tema acara ini), positive mindsets, bukan berarti menganggap semua hal itu baik, tetapi kita jadi mengerti dan menyadari ada sisi kuat dan sisi lemah dalam satu hal, yang kemudian kekurangan tersebut dapat kita saling lengkapi dengan adanya kolaborasi,” ujarnya seiring menutup sambutan.

Acara kemudian resmi dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M. Eng. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Ia berharap, dengan diadakannya kegiatan pelatihan kepemimpinan ini dapat membentuk manusia berkualitas yang akan turut mewarnai bangsa ini di masa depan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan pada mata acara inti, yakni seminar. Untuk seminar hari pertama LKM VIII ITB, disusung tema materi positive mindsets yang dikemas dalam judul “Developing Positive Mindsets to Tackle Future Challenges”.

Ardhi Rasy Wardhana, selaku Presiden Keluarga Mahasiswa ITB tahun 2017 diundang sebagai pengisi materi dalam seminar kali ini. Acara dipandu oleh Anggi Renaldy Pratama, Founder & CEO Kartini Institute. Dalam seminarnya, Ardhi menyampaikan bagaimana berpikir positif dapat mempengaruhi impian kita di masa depan. Dia juga memberikan cara bagaimana mengeksekusi ide yang kita buat agar dapat terealisasi dengan baik.

Seminar ditutup dengan pemberian cindera mata yang diberikan secara simbolik oleh Nenden Rina R., ST., MT., selaku Kasubdit Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter Direktorat Kemahasiswaan ITB kepada pemateri dan moderator.

Tidak selesai di situ, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi mentoring. Sebelumnya peserta telah dibagi ke dalam 20 kelompok mentoring berdasarkan bidang fokus masing-masing lembaga. Mereka kemudian memasuki breakout room [ada masing-masing kelompok untuk mengikuti kegiatan mentoring bersama mentor. Dengan berakhirnya sesi mentoring, berakhir pula seluruh rangkaian kegiatan Day 1 LKM VIII ITB 2021.

Reporter: Fathan Fikri, Teknik Mesin 2020


scan for download