Lewat "Harmoni Indonesia", ITB Siap Sukseskan Pelaksanaan Asian Games 2018

By Adi Permana

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menyatakan siap dan mendukung suksesnya pelaksanaan ASIAN GAMES 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Beberapa spanduk bertuliskan "Ayo Sukseskan ASIAN GAMES 18.8.18 Energy of Asia" sudah tersebar di beberapa sudut kampus ITB.


Tak hanya itu, sebanyak 50 orang Paduan Suara Mahasiswa ITB dan sekitar 500 - 600 orang Panitia OSKM 2018, dipersiapkan ikut menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu-lagu perjuangan Indonesia untuk Harmoni Indonesia, Sabtu, 4/8/2018, bertempat di Plaza Widya Nusantara, Kampus ITB, Kota Bandung.

Acara Indonesia Harmoni 2018 yang digagas Kementerian Ristekdikti ini rencananya akan digelar serentak melalui streaming video conference bersama sekitar 7 juta mahasiswa Indonesia dari Aceh hingga Papua pada tanggal 5 Agustus 2018. Tak hanya ITB, sejumlah perguruan tinggi lain di 34 Provinsi lainnya di Indonesia sudah menyatakan kesiapannya. Indonesia Harmoni juga bertujuan  untuk menyambut Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia 17 Agustus 2018.

Menggunakan dresscode merah putih atau jaket almamater kampusnya masing-masing, acara ini ingin menunjukkan keterlibatan mahasiswa sebagai kelompok milenial dalam mensukseskan ASIAN GAMES 2018.

"Melalui pagelaran Harmoni Indonesia 2018 ini, kita semua, khususnya warga kampus, diingatkan kembali tentang nilai luhur dari semangat kebangsaan Indonesia. Harmoni Indonesia 2018 menggelorakan kembali semangat bakti pada Bangsa dan Tanah Air sebagai perwujudan tanggung jawab kita atas jasa dan  pengorbanan para pahlawan kesuma Bangsa," ujar Dr. Miming Miharja, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi ITB.

Selain lagu kebangsaan Indonesia Raya, beberapa lagu perjuangan yang akan dinyanyikan bersama adalah lagu Satu Nusa Satu bangsa, Rayuan Pulau Kelapa, lagu mars Garuda Pancasila, dan lagu Padamu Negeri. Komposer kondang Addie MS, akan memimpin paduan suara secara nasional ini. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, akan turut hadir secara langsung dan menyanyikan lima lagu tersebut dari Jakarta,  Parkir Timur Gedung Gelora Bung Karno.


scan for download