Galeri Soemardja Dukung Perkembangan Seni di Indonesia

Oleh Amelia Rahma Faustina

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sebagai sebuah galeri universitas tertua di Indonesia, Galeri Soemardja berfungsi sebagai pelengkap pendidikan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Selain itu, Galeri Soemardja juga berfungsi sebagai sumber daya budaya untuk lembaga dan seni masyarakat Bandung. Hingga saat ini, galeri tersebut telah acapkali menjadi venue berbagai acara, seperti pameran dan talkshow yang diselenggarakan oleh seniman, lembaga, dan komunitas lokal, nasional, hingga internasional.
Didirikan pada tahun 1974, galeri ini dinamai mengikuti nama Soemardja Syafe'i, salah satu tokoh pendiri sistem pendidikan seni di Indonesia. Merupakan bagian dari sebuah institusi pendidikan, pada awalnya galeri adalah tempat civitas akademika ITB, baik dosen maupun mahasiswa, memamerkan karya mereka. Selain itu, galeri ditujukan sebagai tempat bagi para siswa untuk belajar serta mempelajari pengelolaan pameran dan program seni melalui karya kuratorial dan kegiatan sukarela.

Untuk merangsang masyarakat umum yang lebih luas tentang isu-isu seni kontemporer, Galeri Soemardja juga memegang program seni seperti diskusi, seminar dan lokakarya oleh seniman dan pakar seni di bidang nasional, regional dan internasional. Galeri ini juga mengakomodasi praktek seni lainnya visual, termasuk desain industri, arsitektur, kerajinan, fotografi, dan budaya visual pada umumnya.

Dorong Apresiasi dan Pemahaman Seni

Misi dari Galeri Soemardja sebagai galeri ITB adalah untuk mendorong apresiasi dan pemahaman seni serta perannya dalam masyarakat melalui keterlibatan langsung dengan karya seni asli. Galeri ini merangsang pembelajaran aktif tentang seni dan proses kreatif melalui penelitian, pengajaran, serta dialog di antara komunitas mahasiswa ITB, fakultas, seniman, kurator, kritikus seni, sarjana, alumni, dan masyarakat luas. Galeri menyelenggarakan pameran dan program pendidikan untuk membangun dan mempertahankan koleksi dalam kepercayaan untuk generasi mendatang.

Galeri Soemardja secara teratur menjalankan program seni dan pameran di kerjasama dengan lokal, regional, artis internasional, yayasan budaya berbagai, dan institusi seni. Ruang pameran yang ada dalam galeri berukuran 150m2, dengan ketinggian 4 meter di satu sisi dan 2,4 meter di sisi lainnya. Ruang ini juga dilengkapi dengan fasilitas pencahayaan dan panel yang dapat dilepas.

Sumber: http://galerisoemardja.fsrd.itb.ac.id/

scan for download