Turbin Arus Laut Antarkan Mahasiswa dan Alumni ITB Raih Juara I Mandiri Young Technopreneur Award

Oleh Muhammad Fikri

Editor -

Bisnis Turbin LautJAKARTA, itb.ac.id - Sebanyak 13 anak negeri yang merupakan mahasiswa dan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil memanfaatkan arus laut sebagai pembangkit listrik sebesar 10 kVA yang bisa menyuplai kebutuhan listrik satu desa. Ide tersebut berhasil membawa mereka meraih Juara I Mandiri Young Technopreneur Award kategori energi terbarukan yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri baru-baru ini.

"Tidak hanya itu saja, Februari nanti kita sudah akan memasang turbin di Jembatan Suramadu bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum-Binamarga, yang akan menyalakan 1.000 lampu jembatan Suramadu," kata Fitus Deus Prizfelix, salah satu anggota pengembang turbin arus laut yang juga alumni ITB dari PT TiFiles Indonesia, di JCC, Jakarta, Jumat (20/01/12).

Deus mengungkapkan, awal ide pengembangan arus laut berawal dari proyek pembangkit menggunakan arus sungai. "Di 2005 kita dibimbing mantan Rektor ITB, almarhum Iskandar Alisabana, melakukan banyak penelitian, dulu awalnya hanya 10 orang mahasiswa. Sebelum pembimbing kami meninggal dunia, ia berpesan jangan sampai penelitian ini hanya penghias perpustakaan," ujarnya.

"Dengan tekat bulat, 2006 kita berhasil mengembangkan turbin dengan menggunakan arus sungai. Waktu itu turbin kami baru menghasilkan 500 watt. Kecil masih, untuk satu rumah saja masih kurang," ungkap Deus. Pengembangan terus dilakukan timnya yang sudah bertambah menjadi 13 orang. Akhirnya pada 2008 setelah melakukan beberapa percobaan, turbin dipasang di laut. "Pada 2008 kita pertama kali pasang di Pantai Mutiara, Jakarta. Dan listrik yang dihasilkan bisa meningkat mencapai 2.500 watt," ujarnya.

Percobaan kedua pada awal 2009, dilakukannya dengan memasang turbin di Nusa Penida, Bali. "Daya listrik yang bisa dihasilkan meningkat lagi menjadi 5.000 watt, dan pada akhir 2009 turbin kami sudah mampu menghasilkan daya sampai mencapai 10 kVA atau kasarnya sudah mampu menghidupkan listrik satu desa," tegasnya.

Ditambahkan CEO proyek ini, Nurana Indah Paramita, selain proyek Suramadu, timnya juga sudah bekerjasama dengan LIPI-Sungai balai besar teknik teknologi tepat guna-Subang, dan Kementerian Riset dan Teknologi. "Apalagi Pak Dahlan (Menteri BUMN) sangat tertarik sekali, kami akan lakukan pertemuan untuk bahas proyek ini untuk pengembangan energi terbarukan untuk PLN," kata Pemenang I Kategori Energi Terbarukan, Mandiri Young Technopreneur yang diselenggarakan Bank Mandiri 2011 tersebut.

[Sumber: detik.com, dengan perubahan]

 


scan for download