PMBP Terpusat 2009: Peserta Terbanyak dalam Sejarah PMBP Terpusat ITB

By habiburmuhaimin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Penyelenggaraan Ujian Saringan Masuk (USM) Program Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi (PMBP) ITB 2009 Terpusat hari pertama telah dimulai pada Sabtu (30/05/09) di Kampus ITB. Sebanyak 7.800 calon mahasiswa ITB 2009 tercatat sebagai jumlah terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan USM Terpusat ITB. Secara keseluruhan, seperti diungkapkan oleh Wakil Rektor Senior bagian Akademik, Adang Surahman Msc., Ph.D, ujian hari pertama ini berjalan lancar.

Pada tahun 2009, ITB melakukan penerimaan mahasiswa baru program sarjana dalam Ujian Saringan Masuk ITB (USM-ITB) Terpadu, yang meliputi lima program seleksi, yaitu:

  • Program Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi ITB (PMBP-ITB), yang terdiri atas:
    • PMBP-ITB 2009 di Daerah, diselenggarakan ITB secara mandiri di beberapa kota di Indonesia (Jakarta,
      Bandung, Palembang, Balikpapan, Pekanbaru, Makasar, dll) pada bulan Maret 2009
    • PMBP-ITB 2009 Terpusat, diselenggarakan ITB secara mandiri, di kota Bandung, pada tanggal 30 dan 31 Mei 2009.
  • Program Kemitraan Nusantara ITB (KN-ITB), untuk menjaring calon mahasiswa terbaik yang diajukan oleh
    instansi-instansi mitra ITB (Pemerintah Daerah, Perusahaan Mitra ITB, Instansi Pemerintah lainnya).
  • Program Seleksi Mahasiswa Transfer ITB (SMT-ITB), bagi para mahasiswa transfer dari universitas mitra ITB
    yang ingin melanjutkan pendidikan program sarjana di ITB, dan diajukan oleh universitas asalnya.
  • Program Seleksi Mahasiswa Internasional ITB (SMI-ITB), bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan asing
    yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di ITB.
  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang rencananya akan diadakan pada bulan Juli 2009, dilaksanakan oleh DITJEN DIKTI, DEPDIKNAS RI.


Program PMBP-ITB 2009 di daerah ditambah KN dan SMT beserta SMI-ITB mendapat alokasi penerimaan sekitar 25% dari penerimaan mahasiswa baru ITB 2009. PMBP-ITB terpusat dialokasikan sekitar 35%, sedangkan SNMPTN sekitar 40%. "Namun, itu (persentase-red) semua masih bisa berubah. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus pada PMBP-ITB baik pusat dan daerah, tetapi tidak melakukan daftar ulang maka sisa kursi kosong akan dipindahkan ke SNMPTN," Ujar Adang Surahman kepada Kantor Berita ITB.

Peserta PMBP-ITB terpusat kali ini paling banyak diikuti oleh peserta dari Bandung dan Jakarta, menyusul kemudian adalah Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, dan Bali. Hasil Seleksi ini akan diumumkan sekitar pertengahan bulan Juni 2009.

Kelancaran seleksi hari pertama dapat dilihat dari tertibnya peserta dalam mengikuti ujian. Namun, masih terdapat beberapa yang datang terlambat sehingga menggugurkan keikutsertaannya dalam seleksi ini. "Saran saya untuk ujian besok (Minggu (31/05/09)-red), datang on-time tetapi jangan terlalu pas dengan seharusnya," kata Adang Surahman menutup perbincangan dengan Kantor Berita ITB.


scan for download