Desain Komunikasi Visual ITB Gelar Lokakarya Pembuatan Film

Oleh Irfaan Taufiiqul Rayadi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB dikenal sebagai salah satu universitas yang mengedepankan Ilmu, Teknologi, dan Seni secara simultan dan harmonis. Pengembangan seni di berbagai sektor saat ini semakin giat dilakukan, termasuk seni film. Berangkat dari hal tersebut, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) ITB menggelar lokakarya pembuatan film bertajuk “Creativepreneur, how to develop an idea into a real project “bersama Nightbus Picture dan Kaninga Picture pada hari Senin (03/04/17). Acara yang digelar di Ruang Seminar FSRD ITB ini mengundang beberapa pembicara, diantaranya Darius Sinatria (Produser dan Aktor), Emil Heradi (Sutradara), dan Rifnu Wikana (Produser). Selain itu, beberapa tim produksi film “Night Bus” pun hadir dalam lokakarya ini.

Lokakarya yang terbuka untuk umum ini dibuka dengan pemaparan oleh Darius mengenai topik creativepreneur. Produser film yang juga seorang aktor ini menjelaskan proses pembuatan film dari sebelum produksi hingga hal-hal yang berkaitan dengan pascaproduksi. Materi yang dijelaskan pada sesi ini adalah ilmu kreatif pada dunia perfilman Indonesia. Selain itu, ia pun menyampaikan topik bahasan tentang pendanaan suatu produksi film serta proses berpikir kreatif dalam pengembangan suatu ide menjadi karya yang menghasilkan keuntungan. “Inovasi adalah penciptaan ide yang belum pernah ada sebelumnya!” tutur Darius.

Sesi selanjutnya kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Emil dan Rifnu selaku sutradara dan produser film “Night Bus.” Sesi ini berisi tentang teori-teori ilmu kreatif dan proses produksi film. Selain itu, di sesi ini pun dibuka sesi tanya jawab antara peserta acara yang didominasi mahasiswa DKV 2015 dengan pihak produksi film “Night Bus.”

Reporter: Andini Septia Lailassaniyya (Manajemen Rekayasa Industri 2016)
ITB Journalist Apprentice 2017
Sumber gambar: Dokumen Pribadi


scan for download