Community Engagement Camp ITB: Hasilkan 5 Proyek Sosial di Desa Ciporeat, Kabupaten Bandung

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Sebanyak 58 mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) ambil bagian dalam Community Engagement Camp (CEC) ITB 2023.

CEC mengusung konsep multidimensi dinamis yang mencakup sejumlah aspek dan perilaku dari koneksi, interaksi, partisipasi, dan keterlibatan komunitas, menjadi salah satu langkah pendidikan yang aplikatif di masyarakat. CEC menjadi salah satu bentuk aplikasi tridarma perguruan tinggi.

“Tidak hanya teman-teman itu ikut kuliah, tapi juga harus melaksanakan research dan pengabdian masyarakat. Ada proses, ada identifikasi masalah sampai pada akhirnya menemukan solusi untuk diimplementasikan. Tidak hanya action plan, teman-teman juga merealisasikan gagasan. Jadi, sebetulnya (CEC) ini merupakan sebuah paket komplet,” ujar dosen pembimbing kegiatan, Dr. Epin Saepudin, M.Pd., saat Showcase CEC, Selasa (5/12/2023).

   

CEC kali ini berlangsung di RW 06 dan RW 07, Kampung Palalangon, Desa Ciporeat, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Peserta dibagi menjadi lima kelompok proyek sosial dengan topik berbeda.

Kegiatan ini dikemas dengan kegiatan live in, yakni mahasiswa tinggal bersama masyarakat selama tiga hari dua malam. Dengan konsep tersebut, mahasiswa belajar beradaptasi dan bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Mereka melaksanakan aktivitas sehari-hari seperti memeras susu sapi, menyabit rumput, berjualan di pasar, berladang, dan/atau aktivitas lainnya yang merupakan rutinitas orang tua asuh mereka.

   

“Teman-teman punya kesempatan, mengalami tinggal bareng dengan masyarakat, walau hanya enam hari empat malam, dalam dua sesi, paling tidak Anda bisa melihat permasalahan dan situasi di masyarakat,” ujarnya.

Peserta pun belajar masalah dan menyesuaikan proyek yang mereka rancang dengan kondisi yang ada di desa. Survei dilakukan secara rutin oleh tiap kelompok untuk mematangkan konsep kegiatan. Hingga 26 November 2023, semua proyek berhasil dieksekusi. Berikut kegiatan dari tiap topik.

   

1. Ekonomi Kreatif: Pemasaran dan Manajemen Ecobrick serta Program Pelatihan Strategi Digital dan Sosial Media untuk UMKM;

2. Lingkungan: Program Kreatif Lingkungan dengan Gerakan Ecobrick dalam Pengelolaan Sampah di Desa Ciporeat;

3. Kesehatan: Sosialisasi dan Penyuluhan Kesehatan kepada Orang Tua dan Siswa-siswi SMP untuk Mencegah Pernikahan Dini;

4. Lingkungan: Menginspirasi Generasi Pintar: Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa;

5. Energi: Pemasangan dan Revitalisasi Penerangan Jalan Umum (PJU) Bertenaga Surya.

Mahasiswa kembali mengikuti live in sesi dua pada 1-3 Desember 2023 sekaligus monitoring, controlling, dan follow up proyek yang sudah dilaksanakan. Pada kesempatan ini, digelar penutupan rangkaian CEC ITB 2023 bersama warga setempat.

   

Dr. Epin Saepudin berpesan agar serangkaian proses tersebut dapat berdampak bagi tiap peserta dan menjadi contoh bagi orang lain.

Salah seorang mahasiswa peserta kegiatan, Hasan Wahab dari jurusan Fisika ITB, mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari program tersebut. Dirinya semakin memahami peran dan tindakan yang perlu dilakukan untuk masyarakat.

“Lelah tapi memberi dampak yang positif bagi diri saya pribadi tentang tanggung jawab, pengorbanan, dan keikhlasan. Tanggung jawab sebagai seorang ketua, mahasiswa, dan juga sebagai masyarakat bernegara. Pengorbanan terutama tenaga, waktu, dan pikiran,” ujarnya.

Reporter: Muh. Umar Thoriq

Dokumentasi: Peserta KU4093 Pendidikan Karakter


scan for download