Cakru-18 8EH Radio ITB: Kesederhanaan Membawa Pesan Perdamaian

Oleh Muhammad Hanif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Misi perdamaian, satu hal yang ingin disampaikan Calon Kru (Cakru) angkatan-18 8EH radio ITB kepada semua masa kampus. Melalui acara Don't Worry Be Happie yang digelar pada hari Rabu (14/11/12) di depan gedung Oktagon ITB, para Cakru ini mencoba memberikan sesuatu yang berbeda tentang arti perdamaian. 8EH merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa ITB yang bergerak dalam bidang penyiaran radio.

Acara yang diikuti oleh semua Cakru 18 8EH radio ITB ini merupakan sebuah tantangan dari kru 8EH yang dilakukan setiap tahunnya untuk melihat kekompakan, kekeluargaan dan kepercayaan diri dari para Cakru 8EH itu sendiri. Acara dimulai dengan freezemob (gerakan diam yang dilakukan bersama- sama) para Cakru selama beberapa menit, tak pelak aksi ini menarik perhatian banyak mahasiswa untuk menyaksikan rangkaian acara selanjutnya.

Alunan lagu Oh It Is Love dari Hellogoodbye mendadak menggebrak keheningan, freezemob pun berubah menjadi flashmob (gerakan anggota badan yang dilakukan bersama - sama). Suasana keceriaan dan harmonisasi dari flashmob yang mereka lakukan semakin tergambar jelas saat satu per satu gerakan dipertontonkan dengan iringan lagu Happy dari Nevershoutever, Hello Goodbye dari The Beatles, Summer Days dari John Travolta, serta Imagine dari John Lennon yang menjadi penutup gerakan mereka.

Lagu Imagine karya John Lennon memperjelas pesan perdamaian yang ingin disampaikan oleh para Cakru. Kevin Alexander (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan 2012), Cakru-18 8EH ITB, mengungkapkan "Kami ingin semua orang, terutama mahasiswa ITB bisa mengambil makna dari hal sederhana yang kami lakukan. Jika perdamaian itu bisa dilakukan, kenapa kita harus berperang dan melakukan kekerasan." Pesan perdamaian juga semakin tergambar jelas melalui tulisan-tulisan pada balon yang dibagikan kepada para penonton seperti "Someone out there love you", "Keep smile, because you can smiel," dan tulisan-tulisan lainnya.

Langit mendung, balon-balon yang terbang, alunan musik yang mengalun indah, dan keceriaan yang Cakru berikan berpadu menjadi satu kesatuan sore itu. Tidak terasa rangkaian acara yang mereka sajikan berakhir. Teriakan "107,9 FM 8EH radio ITB, your edutainment and music station," dari para Cakru 18 8EH Radio ITB yang membahana di utara kampus Ganesha menjadi penutup yang sempurna sore itu.

Hal - hal sederhana ini akan membawa perubahan besar bagi perdamaian , semoga saja.

Oleh: Akbar Syahid Rabbani (IJA 2012)

 


scan for download