BIUS NIGHT : Rekatkan Keakraban Antar Penerima Beasiswa

Oleh Hafshah Najma Ashrawi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Minggu (02/11/13) bertempat di Aula Barat, hiruk keramaian terdengar mulai terdengar dari sore menjelang malam. Acara Bertajuk BIUS Night menyemarakkan suasana Aula Barat malam itu. Sekitar tiga ratus mahasiswa-mahasiswi ITB penerima Beasiswa ITB untuk Semua (BIUS) dari berbagai angkatan hadir, turut berbahagia merayakan kelulusan empat puluh enam penerima BIUS angkatan pertama. Pada acara tersebut, turut hadir pula Betty Alisjahbana selaku pendiri BIUS dan Yani Panigoro, serta segenap relawan dari beasiswa yang sudah berdiri sejak empat tahun silam tersebut.

BIUS NIGHT tersebut merupakan acara pertama yang mempertemukan seluruh penerima BIUS mulai dari angkatan 2009 sampai dengan 2013. Pada tahun pertamanya, BIUS membiayai 40 orang mahasiswa ITB yang lolos dari 3170 aplikasi pendaftaran. Tahun-tahun pertama BIUS diadakan, Betty sendiri mengakui bahwa hal tersebut merupakan hal yang cukup berat. Bahkan untuk mendapatkan calon-calon mahasiswa penerima BIUS, Betty dan teman-temannya kerap melakukan 'jemput bola' ke daerah-daerah pelosok di luar Bandung. Setelah 3170 aplikasi pendaftaran diseleksi oleh panitia, sebanyak 400 calon mahasiswa dinyatakan lolos. Siswa SMA yang dinyatakan lolos dipanggil untuk mengikuti ujian masuk ITB di Bandung, dengan semua biaya transportasi dan akomodasi ditanggung oleh panitia. Dari hasil ujian masuk ITB, 40 orang dinyatakan lolos dan resmi menjadi mahasiswa ITB penerima BIUS.

Pada tahun ini, tepatnya pada bulan Juli lalu 13 orang angkatan pertama BIUS lulus dengan prestasi memuaskan, yaitu dengan Indeks Prestasi Kumulatif di atas 3,00. Selanjutnya pada bulan Oktober 33 mahasiswa penerima BIUS lainnya menyusul. Hingga tahun ini, BIUS masih aktif memberikan beasiswa bagi seluruh mahasiswa ITB yang berprestasi dan kurang mampu. Tahun 2010 BIUS menerima 61 orang dan pada tahun 2011 dengan sistem yang terintegrasi dengan beasiswa BIDIK MISI, BIUS menerima 100 orang mahasiswa ITB.

Acara BIUS NIGHT pada malam tersebut dibuka oleh sambutan langsung dari pendiri BIUS, Betty Alisjahbana. "Selamat atas selesainya program sarjana S1 di ITB ini dan selamat atas semua yang telah Ananda capai. Semoga Ananda dapat mencapai yang terbaik di tahun-tahun mendatang karena telah dibekali pendidikan terbaik di salah satu perguruan tinggi terbaik di tahun-tahun mendatang. Sebagai duta pertama BIUS, semoga Ananda mampu membawa nama harum ITB dan BIUS di setiap kesempatan," ucap Betty mengawali sambutannya. "Juga Selamat datang untuk angkatan 2013. Ananda akan menempuh 4 tahun yang akan sangat menentukan. Semoga Ananda dapat belajar banyak tidak hanya akademik tetapi juga kemampuan-kemampuan non-akademik," lanjut Betty.

Ketika ditanya apakah arti BIUS secara pribadi, Betty menjelaskan bahwa BIUS merupakan kerja keras yang sangat memuaskan. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari adanya BIUS ini tidak hanya bagi mahasiswa penerima BIUS. "Walaupun begitu, yang paling berkesan untuk saya adalah dengan adanya BIUS ini, dapat dikatakan bahwa mendapatkan beasiswa di ITB bukanlah hal yang mustahil. Saya juga turut senang karena mampu berkontribusi bagi masa depan anak-anak ini," tutur Betty.

Selanjutnya setelah sambutan dari Betty Alisjahbana, acara dilanjutkan dengan pelepasan keempat puluh enam mahasiswa angkatan pertama BIUS. Tidak lupa, terdapat penampilan persembahan dari para wisudawan dan penerima BIUS angkatan 2010. Acara BIUS NIGHT malam itu ditutup dengan tarian-tarian nusantara mulai dari tari Saman, tarian Betawi, tarian Sunda, dan masih banyak lainnya.

 

Dokumentasi oleh :  Riri Eka Nurhasanah


scan for download