Asahikawa-Bandung Design Exchange, Peningkatan Kerja Sama Kota Lintas Negara sebagai Kota Desain UCCN

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Bandung Creative City Forum (BCCF), Komite Ekonomi Kreatif Inovasi (Kreasi) Jawa Barat, Bandung Desain Kolektif (BDK), Indonesia Creative Cities Network (ICCN), dan Design Centre Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB) menggelar “Asahikawa-Bandung Design Exchange”, di Design Centre FSRD ITB, Gedung Center of Art, Design, and Language (CADL), Senin (08/01/2024).

Kegiatan tersebut merupakan diskusi dengan Focal Point Asahikawa Kota Desain UNESCO Creative Cities Network (UCCN), untuk membahas peluang kerja sama antara Asahikawa dan Bandung.

   

Acara ini menghadirkan tiga pembicara, yakni Ryoju Hamada, Ph.D. (Professor National Institute of Technology Asahikawa College, Senior Advisor at Asahikawa Focal Point), Dr. Dwinita Larasati, S.Sn., M.A., (Focal Point Bandung City of Design UCCN, yang juga dosen dan peneliti dari FSRD ITB), dan Adi Panuntun, M.A. (Ketua Umum BCCF) sekaligus pendiri dari Sembilan Matahari.

   

Kegiatan tersebut dihadiri para pelaku kreatif di Kota Bandung dalam berbagai bidang usaha.

Acara ini termasuk dalam rangkaian peningkatan peluang kerja sama antara Kota Asahikawa, Jepang dan Bandung, Indonesia sebagai kota Desain UCCN.

   

Dr. Dwinita Larasati, S.Sn., M.A., mengatakan bahwa kegiatan tersebut menjadi langkah awal untuk meningkatkan peluang kerja sama internasional bagi para pelaku usaha kreatif di Kota Bandung.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, harapannya di waktu mendatang Kota Bandung dapat menjadi wadah untuk para pelaku kreatif juga memberikan peluang kerja sama internasional antara Asahikawa, Jepang dan Bandung, Indonesia,” ujar beliau.


scan for download