3 Mahasiswa Teknik Perminyakan ITB Juara 1 Nasional Lomba Petronation Process Engineering and Energy Days

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Mahasiswa Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Institut Teknologi Bandung (FTTM ITB) yang tergabung dalam tim VETERAN7 menjadi Juara 1 dalam kompetisi Petronation Process Engineering and Energy Days (PGD) 2023. Mereka adalah Dika Fiqriansyah S., Seli Yovanka Lidiawati, dan Yusuf Kurniawan.

PGD merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia. PGD UI menjadi platform untuk mengembangkan pemikiran kritis, kreatif, inovatif, dan komprehensif dalam menyelesaikan masalah-masalah industri energi dan kimia.

Kompetisi ini berupa cerdas cermat yang menguji pengetahuan dan pemahaman peserta dalam bidang teknik perminyakan dan energi. Dalam lomba ini, peserta diharuskan cepat dalam memberikan jawaban yang tepat serta berbagi pengetahuan dengan peserta lainnya.

Dalam persiapannya, setiap anggota tim VETERAN7 berbagi peran berdasarkan substansi materi. Seli bertanggung jawab pada bagian produksi dan drilling, Yusuf mengambil bagian dalam Geofisika dan Geologi, sementara Dika menangani bagian lainnya. Mereka juga mempersiapkan diri dengan mempelajari bank soal yang disediakan oleh Akademik Teknik Perminyakan.

“Untuk lomba ini tidak ada dosen pembimbing, tapi ada mentoring dari Teknik Perminyakan sendiri,” ujar Seli.

Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi tim VETERAN7, tetapi juga memperlihatkan potensi dan kualitas pendidikan, terutama di Teknik Perminyakan ITB. Diharapkan, prestasi ini akan menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa depan.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download