217 Insinyur Baru ITB Melakukan Pengambilan Sumpah Insinyur Tahun Akademik 2023/2024

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Pengambilan Sumpah/Janji Insinyur Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) ITB Tahun Akademik 2023/2024. Kegiatan ini diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Sabtu (24/2/2024). Prosesi diikuti 217 mahasiswa PSPPI yang lulus periode yudisium Januari 2024.

Berdasarkan Laporan Pelaksanaan Proses Pendidikan PSPPI ITB oleh Kepala Sub Direktorat PSPPI ITB, Ir. M. Agus Kariem, S.T., M.T., Ph.D., IPM., para mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikannya dengan baik, tercermin dari distribusi indeks yang dicapai oleh masing-masing lulusan. Sebaran indeks prestasi mulai dari 3,0-4,0 dengan rata-rata 3,88.

Beliau menambahkan, Program Pendidikan PSPPI ITB Semester I Tahun Akademik 2023/2024 menghasilkan 217 lulusan atau dengan kata lain sekitar 98,6 persen dari seluruh mahasiswa menyelesaikan studinya tepat waktu dalam satu semester.

Pengambilan sumpah profesi insinyur dan pemasangan pin kepada perwakilan wisudawan dilakukan oleh Direktur Pendidikan Non Reguler ITB, Prof. Ridwan Sutriadi, S.T., M.T., Ph.D., IPU.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng. Sc., IPU., menyampaikan selamat kepada seluruh insinyur. “Saya berharap semoga semangat insinyur baru terus berkobar untuk terus belajar, bekerja keras, mengajak, dan mengasah kapasitas keinsinyuran masing-masing,” ucapnya.

Adapun Prof. Ridwan Sutriadi menyampaikan apresiasi dan harapannya. Beliau menyampaikan bahwa insinyur memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan, meningkatkan standar hidup, dan mendorong inovasi yang dikaitkan dengan pengembangan wilayah secara berkelanjutan.

“Sebagai insinyur kita memiliki tanggung jawab tidak hanya untuk berinovasi dan berkreasi namun juga memastikan pekerjaan kita beretika, berkelanjutan, dan bermanfaat kepada semua orang,” ujarnya.

Sebagai perwakilan wisudawan, Ir. Luky Agung Yusgiantoro, B.Sc., M.Sc., Ph.D., menyampaikan apresiasi atas setiap perjuangan dan pengorbanan baik oleh wisudawan maupun keluarga. Beliau juga mengajak para insinyur baru menjadi insinyur yang visioner, profesional, dan berintegritas.

Reporter: Erika Winfellina Sibarani (Matematika, 2021)


scan for download