Alumni Teknik Arsitektur ITB Selenggarakan Bedah Karya

Minggu, 26 - November - 2017, 07:19:06

Lomba foto yang bertema “Lingkungan dan Kehidupan di Kampung Kota Indonesia” ini diadakan dengan tujuan agar terjadi komunikasi lewat visual dalam bentuk foto antara alumni arsitektur ITB dan masyarakat pecinta fotografi.

 “Dalam lomba fotografi ada dua hal yang sangat berpengaruh. Pertama, foto harus kuat dengan tema dan yang kedua harus bisa mengeksekusi serta terdapat point of interest,” ungkap Yudi Wahyono (Alumni Teknik Arsitektur ITB) selaku Juri lomba fotografi.

Proses penilaian dimulai dari 57 karya yang terdaftar, lalu dilihat kesesuaian tema dan terus dikurangi hingga akhirnya menjadi 5 foto terbaik. Foto terbaik pertama ialah foto oleh Nugraha Aji dengan tema Menikmati Keheningan Sudut Kampung Kota. Foto yang memotret sisi Kali Code, Yogyakarta tersebut menunjukkan tema yang sangat kuat yaitu lingkungan kampung – kota yang sangat tercerminkan.

Selain lomba foto diadakan juga sayembara arsitektur nasional Gaung Bandung untuk mendesain Balai Warga dusun Cisoka. Dusun Cisoka yang terletak di kecamatan Sunda Selatan dengan jumlah 23 kepala keluarga ini dipilh karena merupakan Desa Binaan Teknik Arsitektur ITB.

Sayembara yang diikuti oleh 22 peserta ini juga dipilih menjadi 5 karya terbaik. Karya dinilai berdasarkan visibilitas untuk dibangun karena dusun warga akan dibangun secara nyata serta berdasarkan ketahanan terhadap iklim cuaca untuk melindungi dari panas matahari secara langsung dan hujan serta dari kreativitas peserta,” tutur Andry Widyoujatnoko dan Budi Rijanto sebagai juri sayembara.

Selain penjelasan kriteria dan hasil lomba, bedah karya juga diisi dengan materi oleh Sri Prabu Sudarmo dan Hizrah Muhtar mengenai Kampung Karakter dan Peluangnya di Masa Depan serta Kampung Issue dan Upaya Para Pihak untuk Meningkatkan Kualitas Penghidupannya.