Adakan SOBER 2016, Mahasiswa TPB 2015 Tandai Momen Bersama Sebelum 'Berpisah'

Oleh Bayu Septyo

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Usai menuntaskan tahun perdananya, mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) ITB kini menjumpai liburan panjang pertamanya. Masa-masa sebagai mahasiswa baru ITB diarungi bersama hingga akhirnya melahirkan keakraban. Enggan berpisah begitu saja, para ketua angkatan yang berasal dari 12 fakultas secara ininsiatif membentuk kepanitiaan guna mengadakan kegiatan terakhir untuk santai bersama bertajuk "SOBER: Sore Bersama" pada Jumat (20/05/16) silam. Kegiatan yang diadakan di Campus Center (CC) Timur ini memilih tema pantai dengan semarak aksen jingga yang terpancar dari dekorasi serta dresscode para panitia. 
 Berbeda dengan kegiatan serupa pada 2015, TPBersatu, SOBER yang diadakan tahun ini lebih difokuskan menjadi kegiatan internal massa TPB 2015. Oleh karena itu, beragam penampilan menghibur tiap fakultas dihadirkan agar dapat memberikan suasana nyaman seperti di rumah sendiri bagi para massa TPB yang berdatangan. Rangkaian itu setidaknya terdiri dari art performance dan penampilan band. Menambah mewah rasa guyub yang ada, dihadirkann pula pameran fakultas yang menampilkan pernak-pernik perjalanan kebersamaan tiap-tiap fakultas selama dua semester penuh.  

 

"Kami rasa pas, kan tepat setelah ujian berakhir. Jadi ini momen (bersama, -red) terakhir sebelum kami semua masuk jurusan masing-masing," ujar Fae (STEI '15) selaku ketua acara tentang perasaannya saat mengadakan SOBER 2016.

 Meskipun sebagai agenda internalisasi mahasiswa baru 2015, SOBER 2016 tetap mengundang siapapun untuk berkunjung. Tidak lupa, panitia SOBER mencoba memantik minat kreasi para pengunjung yang datang dengan digelarnya Pameran Karya Terpilih TPB 2015 di muka venue berlangsungnya acara. Ide ini adalah hasil kolaborasi para panitia dengan ITB Partner and Gallery yang mengurusi segala bentuk perwajahan karya dari berbagai pihak yang ada di ITB.

  Adanya variasi kreatif dalam SOBER demikian adalah sebagai maksud ingin menunjukkan bahwa massa TPB 2015 dapat tetap bersenang-senang namun kian produktif dalam mencetak karya yang sesuai bidang studinya masing-masing. "Dengan adanya plakat, piala, dan penampilan lain-lain seperti capoeira yang ada didalam, kita ingin menunjukkan nih, di ITB tuh gak cuman akademik," tutur Fae menggambarkan SOBER 2016.

  Kemandirian dalam kebersamaan yang diperlihatkan massa TPB ini tidak lepas dari naungan KM-ITB sebagai wadah terbesar kemahasiswaan di kampus ini. Kepanitiaan SOBER yang mulai dibentuk sejak Januari ini didampingi KM-ITB dalam menyusun segala kebutuhan acara yang ada. "Bentuk acara memang dari ketua angkatan. KM-ITB (Kementrian Kaderisasi TPB, -red) itu ngasih pembinaan non-formal ke kita. Mereka ngajarin kita menyusun perangkat forum agar perumusan lebih baik. Mereka mendukung kita," ungkap Fae.

 Selain menyampaikan terima kasihnya kepada segala pihak yang membantu, Fae melontarkan harapannya kepada angkatan TPB selanjutnya untuk tidak terpaku pada keterikatan fakultas dan lebih banyak berkolaborasi agar kreasi yang dihasilkan lebih besar pengaruh dan manfaatnya.


scan for download