Donor Darah Empat Labtek, Kolaborasi Nyata Antar Himpunan Mahasiswa ITB

Oleh Adhitia Gesar Hanafi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Lima Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) ITB, yang berkesektetariatan di daerah empat Laboratorium Teknik (Labtek), atau lebih dikenal dengan empat Labtek kembar (Labtek V-Labtek VIII), selenggarakan aksi donor darah dan cek kesehatan gratis pada Senin hingga Rabu (31/08-02/09/15). Selasar Labtek lima yang pada awalnya merupakan area mahasiswa ITB ramai beraktivitas, berhasil dirubah menjadi tempat donor darah yang nyaman.

Dalam kegiatan donor darah ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Sumedang  turut membantu dalam hal pengadaan alat dan teknis operasional donor darah. Aksi donor darah yang berlangsung dari pukul 08.30 hingga pukul 14.00 WIB, disesuaikan dengan prosedur donor darah yang menuntut darah dari pendonor yang belum terlalu banyak melakukan aktivitas berat. Selain itu, para pendonor diharuskan memenuhi berbagai persyaratan medis meliputi, tekanan darah normal, kondisi hemoglobin baik, berat badan ideal, kecukupan waktu tidur, tidak sedang menstruasi, tidak sedang sakit, dan tidak mengonsumsi obat minimal sejak sehari dilakukanya donor darah.

Cek kesehatan gratis meliputi pengecekan kadar kolesterol, asam urat, dan gula sesaat, turut dihadirkan panitia dalam kegiatan donor darah ini. Sebagai salah satu anggota panitia kegaiatn, Riza Yulia (Farmasi Klinik dan Komunitas 2012), menuturkan bahwa cek kesehatan gratis merupakan wadah bagi para mahasiswa Farmasi ITB untuk berlatih langsung melakukan konselling dengan pasien. "Sekolah Farmasi ITB memiliki Program Studi Farmasi Klinik dan Komunitas, dimana konselling dengan pasien merupakan hal yang akan sering dilakukan. Selain melatih kemampuan konselling para mahasiswa farmasi, diharapkan kegiatan ini akan menyadarkan para mahasiswa ITB akan pentingnya menjaga kesehatan dan pola makan yang sehat," tutur Riza. Sebagai ketua panitia, Miftahul Mahfuzh (Teknik Informatika 2013), berharap bahwa kegiatan ini dapat terus berlangsung dan menjadi pengingat para mahasiswa ITB akan pentingnya mendonorkan darah untuk membantu sesama.

 

Sekilas Tentang Himpunan Empat Labtek

Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan beragam macam Program Studi, turut dilengkapi dengan perangkat kegiatan berkemahasiswaan berbentuk HMJ. Setiap HMJ di ITB memiliki ruang kesekretariatanya masing-masing yang tersebar diseluruh penjuru kampus. Mengingat lokasi sekretariat yang berdekatan antara beberapa HMJ, maka dikenal pembagian zona HMJ di ITB yang salah satunya adalah zona HMJ empat Labtek yang melingkupi Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) yang berkesekretariatan di Labtek V, Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) dan Himpunan Mahasiswa Farmasi (HMF) dengan lokasi sekretariat di Labtek VII, serta Keluarga Mahasiswa Kelautan (KMKL) yang berkesekretariatan di Labtek VI. Perbedaan latar belakang keilmuan dan jadwal kuliah tidak menjadi penghalang bagi HMJ empat Labtek untuk terus berkolaborasi dan bekerjasama melakukan berbagai aksi sosial seperti donor darah dan cek kesehatan. Untuk aksinya saat ini, turut digandeng Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT).

 

Sumber foto: Panitia


scan for download