Satu Dekade ITB 2004, Pamerkan Rintisan Usaha Alumni

Oleh Luh Komang Wijayanti Kusumastuti

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pada Minggu (24/08/14), di Aula Barat diadakan reuni satu dekade ITB 2004. Kegiatan tersebut selain mengundang internal sesama alumni, juga mengundang mahasiswa se - Bandung Raya untuk mengunjungi  pameran perusahaan yang dirintis oleh alumni ITB 2004. Pada hari sebelumnya telah dilaksanakan turnamen futsal antarhimpunan sekaligus menjadi ajang promosi kegiatan pameran perusahaan di acara satu dekade ITB 2004.

Ahmad Zamakhsyari Sidiq (Teknik Informatika 2004) selaku ketua acara mennyebutkan bahwa kegiatan ini selain untuk acara reuni ITB 2004, tetapi juga sebagai ajang untuk menampilkan perusahaan-perusahaan yang telah dirintis oleh alumni ITB 2004. "Kami ingin memperlihatkan, bahwa selama 10 tahun ini kami telah bisa merintis perusahaan di berbagai bidang yang hari ini dipamerkan. Selain itu kami juga ingin memperlihatkan betapa kuatnya ikatan alumni ITB," ungkap Ahmad.


Acara reuni ini juga dimeriahkan oleh OCD, orkestra dangdut dari Himpunan Mahasiswa Pertambangan (HMT). Pada awal acara, ditayangkan video masa orientasi, OSKM ITB 2004. Mengenang hal tersebut, Ahmad menceritakan bahwa dulu angkatan ini mengadakan kegiatan pertamakali yaitu olimpiade TPB dalam bidang olahraga untuk membuktikan sebuah kreativitas dan sportivitas. "Tidak terasa kini telah sepuluh tahun berlalu," ucap Ahmad.


Terdapat sekitar 27 perusahaan dalam berbagai bidang yang berada di stan-stan pameran. Perusahaan yang dimiliki oleh alumni ITB 2004 tersebut bergerak di dalam bidang antara lain konsultan tata ruang, arsitektur, perencanaan keuangan, transportasi,  kuliner, hingga dalam bidang fesyen. Kegiatan ini juga diharapkan oleh Ahmad menjadi awal dari sebuah kerjasama antar alumni ITB 2004.


Salah satu perusahaan yang dipamerkan adalah sebuah perusahaan konsultan tata ruang yang didirikan  oleh beberapa alumni dari Perencanaan Wilayah Kota 2004. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2010 dan mulai aktif mendapatkan proyek sejak tahun 2011. Dinar Maria (Perencanaan Wilayah Kota 2004) menyebutkan bahwa acara reuni satu dekade 2004 ini bisa dijadikan sebagai sebuah kesempatan untuk mempromosikan dan mengenalkan perusahaannya. Selain itu, juga dapat memberikan inspirasi bagi angkatan di bawahnya untuk lebih membuat inovasi dalam bidang tersebut. Pameran ini juga dapat membuktikan bahwa alumni ITB mampu merintis usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. "Semoga bisa selalu bekerjasama, dan alumni ITB bisa terus melebarkan sayap," harap Dinar.


scan for download