Logo

Berita

Institut Teknologi Bandung

22 December 2014
Current weather
25.1 C
Humidity:74 %

BANDUNG, itb.ac.id - Kantor Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WRMA) melalui bidang Pengembangan Keprofesian, Komunitas, dan Alumni mengadakan Titian Karir Terpadu 2009 pada 16-18 Oktober 2009. Bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, lebih dari 38 perusahaan terkemuka di Indonesia turut ambil bagian dalam acara tahunan ini.

Sama halnya dengan tahun 2008, Titian Karir 2009 diramaikan dengan berbagai stand industri dari tanah air. ExxonMobil dan Bank Mandiri, misalnya, melakukan tahapan rekrutment secara langsung di Sabuga. Prosedur umum yang dilakukan perusahaan, seperti penyerahan berkas persyaratan, psikotest, dan wawancara menjadi keharusan untuk para pelamar lakukan.
 
Lain halnya dengan beberapa perusahaan lainnya, seperti Toshiba dan Petroleum Geo-Service Asia Pacific yang memanfaatkan presentasi perusahaan sebagai media publikasi proses rekrutmen. Penyerahan berkas persyaratan tidak dilakukan secara langsung, melainkan secara online untuk kemudian diverivikasi dan dilanjutkan dengan proses wawancara. Adapun penyerahan berkas persyaratan secara langsung yang dilakukan oleh pelamar biasanya akan diambil biodatanya saja sesuai persyaratan semula untuk kemudian di-entri-kan ke komputer oleh bagian data entry PCAD, meskipun ada beberapa perusahaan yang tetap menyimpannya untuk kebutuhan rekrutmen selanjutnya.

"Hingga hari kedua pelaksanaannya saja sudah ada 8 ribu lebih pengunjung yang hadir," ujar Dita, perwakilan WRMA. Pengunjung yang hadir tidak hanya dari ITB sebagai tuan rumah, melainkan dari berbagai lulusan universitas di tanah air. "Banyak juga dari Jakarta dan Jogja," tambahnya. Selain dipadati oleh fresh graduate, titian karir ini juga banyak diikuti mahasiswa tingkat akhir yang berencana lulus 2010. "Titian karir bisa dijadikan satu langkah ke depan supaya saat kita lulus bisa diterima di perusahaan yang kita minati," ujar Johan Sunaris, mahasiswa elektro ITB 2006, kemudian lanjutnya, "sudah 10 lamaran yang diberikan."

Selain pameran industri, titian karir kali ini diramaikan dengan acara Seminar Nasional Kewirausahaan "Jejaring Kewirausahaan Kemahasiswaan Perguruan Tinggi dalam Perspektif Implementasi Program Kewirausahaan Dirjen DIKTI".