Wakil Rektor

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan


Prof.Dr.Ir. Jaka Sembiring, M.Eng adalah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung untuk periode 2020 - 2025. Sebelumnya, beliau merupakan dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB tahun 2015 - 2020 serta profesor pada kelompok keahlian Teknologi Informasi. Beliau mendapatkan gelar sarjana Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung pada 1990, kemudian gelar magister dan doktor Teknik Elektro pada tahun 1997 dan 2000 dari Waseda University, Jepang. Selain mengajar, beliau juga aktif terlibat dalam beberapa proyek seperti proyek penerapan dan implementasi teknologi virtual class untuk daerah rural dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi KEMDIKBUD, proyek algoritma resampling baru dan konsep partikel fleksibel pada filter partikel untuk penentuan lokasi pada robot wahana gerak mandiri dengan Institut Teknologi Bandung, serta proyek pendampingan penguatan tata kelola TI Perum Perhutani 2012 dengan Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perum Perhutani).

Profil


Wakil Rektor Bidang Sumberdaya


Dr. Ir. Gusti Ayu Putri Saptawati S., M.Comm. adalah Wakil Rektor Bidang Sumberdaya Institut Teknologi Bandung periode 2020-2025. Sebelumnya, beliau merupakan Kepala Sub Direktorat Alumni pada 2016 serta dosen pada kelompok keahlian rekayasa perangkat lunak dan pengetahuan di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB. Beliau mendapat gelar sarjana Teknik Informatika dari Institut Teknologi Bandung pada 1989, kemudian gelar master of commerce dari The University of New South Wales, Australia pada 1993, dan gelar doktor Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung pada 2008. Selain aktif mengajar, beliau turut terlibat dalam memimpin beberapa proyek dengan ITB, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh, Kementrian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia, serta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi KEMDIKBUD. Beberapa proyek tersebut antara lain pengembangan bisnis proses pelayanan secara elektronik (PSE) pada BPMD-PTSP Kota Payakumbuh, pengembangan metode berbasis valid database untuk pengangganan data hilang dalam proses ekstraksi struktur bayesian network dari data, dan pemanfaatan sequential pattern pada tahap preprocessing untuk peningkatan kinerja proses klasifikasi data dengan struktur kompleks & progresif.

Profil


Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan


Ir. Muhamad Abduh, MT., Ph.D. merupakan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan Institut Teknologi Bandung periode 2020-2025. Beliau merupakan dosen di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB dalam Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Industri serta Ketua Program Studi Sarjana Teknik Sipil periode 2018-2020. Beliau memperoleh gelar sarjana dan magister dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1993 dan 1997 serta gelar Ph.D. dari Purdue University, Amerika Serikat, pada tahun 2000. Minat penelitian beliau adalah pengadaan, logistik, rantai pasok, peningkatan produktivitas, konstruksi ramping, simulasi operasi konstruksi, konstruksi berkelanjutan, aplikasi teknologi informasi dan komunikasi serta manajemen infrastruktur. Program Ph.D beliau di Purdue University berfokus pada penilaian teknologi jaringan elektronik untuk pengiriman konstruksi. Dalam karir selama lebih dari 20 tahun di ITB, beliau telah mengembangkan hubungan yang mendalam dengan industri dan pemerintah serta berusaha terus menginspirasi industri Indonesia untuk mengadopsi konsep dan teknologi baru.

Profil


Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi


Prof.Ir. I Gede Wenten M.Sc.,Ph.D. adalah Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan ITB periode 2020-2025. Beliau merupakan profesor di program studi Teknik Kimia ITB yang namanya dikenal secara luas karena kiprahnya di industri membran. Hingga saat ini, beliau memiliki 15 paten yang telah terdaftar di Indonesia, Jepang, Kanada, dan USA. Paten pertamanya merupakan hasil dari disertasi doktoral beliau berupa filtrasi bir yang mampu mengangkat namanya di dunia membran. Beliau mendapat gelar sarjana Teknik Kimia dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1982, kemudian melanjutkan gelar magister dan doktor di Denmark Technical University pada tahun 1990 dan 1995. Selama kariernya di bidang teknologi membran, beliau telah mendapat berbagai penghargaan internasional seperti "Suttle Award" dari Filtration Society di London, "Adhicipta Rekayasa" dari Persatuan Insinyur Indonesia pada tahun 1995, "Science and Technology Award" dari Indonesia Toray Science Foundation tahun 1996, Penghargaan "Peneliti Muda Indonesia" dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia tahun 1996, Habibie Award pada tahun 2000, "Wipo Award" dari WIPO-UNDP sebagai "Best Inventor", serta "RUT Award" dari Kementerian Riset dan Teknologi pada tahun 2004.

Profil