Program Studi Sarjana Teknologi Pasca Panen

Informasi Umum

Permasalahan utama penyediaan komoditas bahan kebutuhan pokok di Indonesia terutama bersumber pada tingginya kehilangan hasil pasca panen, yang disebabkan oleh penanganan hasil panen yang tidak sesuai serta iklim yang tidak menentu. Kehilangan pasca panen ini bukan saja menjadi masalah di Indonesia, namun sudah menjadi masalah di negara-negara lain, walaupun dengan tingkat kehilangan yang berbeda-beda. Dengan demikian dibutuhkan suatu konsep yang dapat melengkapi bidang-bidang studi pertanian dari sisi approach, knowledge, dan technical skill, sehingga dapat bersinergi untuk mengatasi masalah-masalah kehilangan hasil panen tersebut, terutama untuk kondisi iklim tropis yang sesuai dengan kondisi Indonesia saat ini dan masa yang akan datang.

Teknologi Pasca Panen merupakan interdisiplin ilmu-ilmu pertanian dan kehutanana serta Teknik (Engineering) yang diaplikasikan dalam perekayasaan berbasis bioproses serta biosistem yang dijabarkan dalam 10 konsep, yaitu Pembanguna yang berkelanjutan, Bioregional, Keanekaragaman Hayati, Pengelolaan Lingkungan, Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Pertanian Terpadu, Agribisnis, Ekologi Manusia, Siklus Biogeokimiawi, dan Entropi.

Kompetensi teknis utama Teknologi Pasca Panen diarahkan untuk memproses, menjaga, memanipulasi dan memaksimalkan hasil panen dengan menggunakan prisip-prinsip rekayasa untuk mencapai efisiensi energi dan materi yang optimal serta mengaplikasikan berbagai teknologi yang tersedia.

Perkuliahan Program Studi Teknologi Pasca Panen akan dilaksanakan di dua kampus ITB, yaitu di kampus Ganesa (jl. Ganesa no. 10 Bandung) dan kampus Jatinangor (jl. Winaya Mukti no. 1 Jatinangor).

Prospek Kerja

Kebutuhan keahlian tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia (SDM) untuk:

  • Industri Pertanian, industri perkebunan .
  • Industri Peternakan.
  • Industri kesehatan dan farmasi.
  • Pasar Modern.
  • Industri Benih.
  • Inovator peralatan pertanian dan pengolahan hasil pertanian
  • Instansi pemerintah
  • Institusi pendidikan untuk memenuhi kebutuhan peneliti dan tenaga pengajar.