Program Studi Magister Sains Keolahragaan

Informasi Umum

Pembinaan dan pengembangan olahraga merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Keberhasilan pembangunan suatu bangsa sangat tergantung kepada kualitas manusia sebagai titik sentral pembangunan. Dengan demikian upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia baik sebagai sasaran maupun sebagai tujuan haruslah diusahakan melalui kegiatan olahraga. Atas dasar itulah maka hasil-hasil penelitian maupun pengkajian ilmiah yang berkaitan dengan peningkatan kualitas fisik dan olahraga harus perlu dihimpun dan diaplikasikan dalam sistem pembinaan olahraga nasional. Disamping itu dibutuhkan koordinasi dan kerja sama antar lembaga terkait yang melakukan penelitian, kehadiran peneliti profesional yang memiliki wawasan luas. Dengan demikian segala upaya penelitian dan pengkajian ilmu dan teknologi di bidang olahraga hasilnya dapat dimanfaatkan dalam peningkatan olahraga di masa mendatang. Sebagai konsekuensi dari kenyataan saat ini, dimana persaingan dibidang olahraga terasa semakin ketat. Masing-masing negara telah memacu dirinya untuk meraih prestasi tertinggi di arena olahraga internasional. Hal tersebut terlihat dari kemajuan-kemajuan pesat negara-negara yang secara serius berupaya meraih prestasi internasional dengan menerapkan ilmu dan teknologi pada pembinaan prestasi olahraga. Bahkan di kawasan asia dan asia tenggara, negara lain sudah jauh memanfaatkan ilmu dan teknologi dalam pembinaan olahraga, sehingga baik langsung ataupun tidak langsung akan mengakibatkan semakin beratnya upaya untuk mencapai prestasi di kemudian hari.

Saat ini berbagai bidang ilmu yang mendukung upaya pencapaian tingkat kualitas manusia yang maksimal telah berkembang dengan pesat, dimana unsur kesehatan dan kebugaran sudah mendominasi kebutuhan manusia, kesadaran berolahraga atau melakukan aktivitas fisik sudah semakin luas disadari dan dilakukan untuk memperoleh tingkat kesehatan dan nilai kehidupan yang prima. Dampak dari dicapainya tingkat kualitas manusia yang prima adalah dituntutnya upaya pencapaian prestasi yang prima pula. Dari sini kemudian berkembang usaha dan ikhtiar manusia untuk mengembangkan dan memanfaatkan ilmu dan teknologi guna kepentingan pencapaian tujuan yaitu peningkatan kualitas manusia dan pencapaian prestasi yang optimal.

Penelitian dan penemuan IPTEK olahraga dalam menganalisis kemampuan fisik manusia dilakukan melalui analisa gerak dan pengukuran faal manusia, penemuan bioteknologi kedokteran olahraga, pengembangan peralatan yang semakin kompleks dan rumit, membuktikan upaya manusia untuk tampil unggul, melalui pemanfaatan IPTEK dalam olahraga.

Dengan perkembangan di atas, semakin disadari bahwa salah satu ketinggalan bangsa Indonesia dengan negara-negara lain dalam mengejar prestasi olahraga adalah kemajuan IPTEK di bidang olahraga. Untuk itu peranan perguruan tinggi  sebagai gudangnya ilmuwan dan penelitian teknologi masa depan akan menjadi penting untuk turut mengantisipasi penerapan, pemanfaatan kemajuan, dan pengembangan IPTEK di bidang olahraga di Indonesia. Program Studi Magister Sains Keolahragaan (S2) dilaksanakan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh dan berwawasan ilmiah yang luas dalam sains olahraga, melahirkan ahli-ahli dalam bidang keolahragaan yang juga memahami seluk beluk kesehatan, dan mampu mengintegrasikan pengetahuannya dalam pelaksanaan tugas-tugas profesionalnya yang dilandasi oleh kepribadian yang integratif, jujur, berbudi luhur, disertai dengan etos kerja yang tinggi.