Unik, UAS Mahasiswa DKV ITB Buat Cosplay

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id--Pemandangan berbeda terlihat saat Ujian Akhir Semester (UAS) mahasiswa Desain Komunikasi Visual di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB pada Senin, 22 Mei 2023 lalu. Memakai kostum dengan berbagai karakter atau cosplay, mereka keliling kampus dalam sebuah parade.

Momen itu dibagikan oleh mahasiswa DKV ITB, Kayla Seraphine Setiadipura di akun Twitter miliknya. Sontak, unggahan tersebut menjadi viral. Menurut penuturan dosen DKV ITB, Dra. Ifa Safira Mustikadara, M.Si., kegiatan tersebut merupakan UAS pada mata kuliah Psikologi Komunikasi tahun akademik 2022/2023.

"Matkul Proses Komunikasi semester yang lalu, materinya Konsep Diri sempat cosplay tapi hanya intermezzo menanggapi ramainya fashion week di Sudirman, Jakarta," katanya. Sehingga bisa disebut, UAS membuat cosplay kali ini menjadi UAS yang pertama.

Ifa menuturkan, bahwa pemilihan UAS Cosplay dan Parade adalah keinginan dari mahasiswa itu sendiri karena ia memberikan kebebasan kepada mahasiswanya untuk memilih jenis UAS yang ingin dikerjakan. Mereka sangat antusias dan bersemangat. Sehingga mereka membuat cosplay-nya pun dengan bahagia, sesuai passion mereka. Selain membuat Cosplay, mereka juga harus mengikuti parade keliling kampus, berfoto dengan orang asing dan meminta kesan dari mereka, menulis rujukan cosplay untuk penilaian UAS.

Sementara itu, sisi positifnya, melalui UAS tersebut, mahasiswa diuji kreativitasnya dan berpikir out of the box. "Tidak ada keharusan mereka harus nyewa, bikin sendiri, atau pinjem, bebas pokoknya jadi ada kreativitas yang harus out of the box," ujarnya.

Ragam komentar positif juga diperlihat dari mahasiswanya. Misalnya dari Putri Maharani. Menurutnya, mata kuliah Psikologi Komunikasi sangat menarik. Tidak hanya itu, ia juga senang melihat variasi cosplay-cosplay pada kegiatan UAS ini.

"Mengenai MK Psikologi Komunikasi, saya rasa mata kuliah ini dapat membantu saya dalam mengembangkan desain-desain saya lebih luas lagi," kata Putri. Putri sendiri tampil dengan cosplay Kaonashi.

Costum yang mereka tampilkan unik-unik, dari mulai tokoh kartun anak di film-film hingga driver ojek online. Bahkan Dosen DKV Ifa Safira Mustikadara sendiri tampil dengan cosplay Maleficent.


Foto: Humas FSRD ITB


scan for download