ITB dan PT KAI Jalin Kerja Sama Pengembangan SDM

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin kerja sama terkait penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pelatihan serta pengadaan sumber daya manusia pada Rabu (17/5/2023).

Bertempat di Rapim A, Gedung Rektorat ITB, kerja sama tersebut ditandatangani oleh Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., dengan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, tujuan kerja sama ini adalah PT KAI ingin menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang andal. Sebab SDM menjadi aset utama dalam pelayanan yang dilakukan PT KAI kepada para cumtomer-nya. Menurutnya, pengembangan SDM diperlukan untuk menjawab tantangan perubahan zaman.

“Kami ingin membangun talenta-talenta yang mumpuni dan bisa diandalkan. Ke depan tantangan yang akan dihadapi akan lebih menantang,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menyambut baik kerja sama perpanjangan ini. Ia berterima kasih kepada PT KAI atas kepercayaan selama ini. Pada prinsipnya ITB mendukung upaya pengembangan SDM yang dilakukan PT KAI. Salah satunya dalam bentuk pendidikan dan pelatihan kepada pegawai PT KAI. Selain itu, telah dilakukan juga penandatanganan PKS berkaitan dengan diskon tarif kereta api 10 persen bagi pegawai dan dosen ITB.

Rektor juga menyampaikan bahwa ITB memiliki program studi-program studi yang relevan dengan kebutuhan transformasi di PT KAI. Tidak hanya dari sisi teknologi, tetapi juga dalam aspek desain, komunikasi visual, maupun produk kriya yang ada di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB.



scan for download