Olimpiade XI KM ITB Resmi Ditutup, HMO “Triton” Sabet Gelar Juara Umum

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id- Olimpiade XI Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KM ITB) resmi ditutup pada Sabtu (6/5/2023) di Lapangan Cinta, Kampus ITB Ganesha. Kegiatan ini merupakan kegiatan olahraga terbesar se-ITB. Ditujukan untuk merekatkan ikatan seluruh elemen di ITB. Digelar sejak Februari 2023, terdapat beberapa cabang perlombaan, yakni Futsal, Basket, Voli, Bulutangkis, Catur, Tenis Meja, Atletik, serta olahraga elektronik seperti Valorant dan Mobile Legend.

Olimpiade XI KM ITB akhirnya bisa digelar kembali setelah 5 tahun terhenti. “5 tahun itu waktu yang lama. Aku nggak menemukan kontak ketua-ketua dari tahun sebelum 2018. Drive dan dokumen historisnya juga berceceran. Susah banget buat aku mendapat frame yang sama tentang olimpiade itu apa,” ungkap Azhar, mahasiswa Teknik Pertambangan 2020, selaku ketua pelaksana.

Namun, Azhar merasa senang akan antusiasme massa kampus untuk berpartisipasi dalam olimpiade. Semenjak resmi menjadi ketua, ia mendapati jadwal pemakaian lapangan di Sarana Olahraga (Saraga) ITB telah penuh, disewa oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) untuk berlatih sebelum bertanding di olimpiade. Hal ini berarti tujuannya telah tercapai, massa tahu akan adanya kegiatan ini.

Azhar menilai bahwa keberjalanan olimpiade selama dua bulan ini rasanya seperti di medan perang mengingat pertandingan yang selalu ada tiap harinya. Sulit untuk menjaga semangat teman-teman panitia yang juga sibuk dalam kegiatan perkuliahan.

Dia juga bercerita, panitia harus menyisihkan waktu untuk mengadakan pertandingan dan memastikan acara berjalan dengan sempurna. Ia berharap agar olimpiade ke depannya dapat lebih siap lagi dari segi arena, dana, dan panitia. “Aku membayangkan olimpiade yang ideal itu sebuah perang yang dimenangkan secara mutlak setiap harinya,” tambah Azhar.

Pada penutupan ini, berlangsung prosesi penyerahan piala kepada para pemenang perlombaan. Himpunan Mahasiswa Oseanografi (HMO) “Triton” keluar sebagai Juara Umum setelah memperoleh raihan medali terbanyak di antara himpunan mahasiswa jurusan lainnya. HMO “Triton” memenangkan tiga gelar juara pertama untuk cabang olahraga lari estafet, badminton ganda campuran, dan futsal putra.

Daftar Juara Olimpiade XI KM ITB di sini

Reporter: Muh. Umar Throriq (Teknik Pangan, 2019)
Foto: Muh. Umar Thoriq


scan for download