Hadirkan Keceriaan Lebaran, Masjid Al-Jabbar ITB Bagikan Santunan kepada Anak Yatim

Oleh Adi Permana

Editor -


JATINANGOR, itb.ac.id — DKM Masjid Al-Jabbar ITB menyelenggarakan program santunan anak yatim bagi masyarakat Jatinangor. Program ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Berhasil memberikan bantuan kepada 50 anak yatim, penerima bantuan berasal dari sekitar masjid hingga yang terjauh di daerah Kiarapayung.

DKM Masjid Al-Jabbar ITB membatasi penerima santunan anak yatim ini hanya untuk anak-anak yang seumuran tingkat Sekolah Dasar. Hal ini dilakukan karena anak-anak yang sudah lebih besar dianggap sudah dapat berusaha sendiri dan tidak membutuhkan bantuan seperti anak-anak yang masih kecil.

"Cukup ngebantu mereka menghadapi lebaran tuh cukup terbantulah untuk biaya keceriaan dia di hari lebaran," tutur DKM Masjid Al-Jabbar Mahmudin S.P.

Dana yang terkumpul dari program santunan anak yatim ini berkisar lebih dari 6 juta rupiah dan telah disalurkan kepada 50 anak yatim yang membutuhkan. Dalam program ini, setiap anak yatim diberikan uang dan bingkisan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan.

Program santunan anak yatim ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu dan terus bertambah penerimanya setiap tahunnya. Meskipun demikian, DKM Masjid Al-Jabbar ITB tetap berusaha untuk memastikan bahwa setiap anak yatim mendapatkan perhatian dan bantuan yang layak.

Pada tahun ini, penyerahan santunan untuk anak yatim yang tinggal di sekitar masjid dilakukan di Masjid Al-Jabbar, kemudian untuk yang tinggal jauh dari masjid akan diantarkan ke masing-masing rumah. Ini bertujuan untuk memudahkan para penerima santunan.

Program santunan anak yatim ini juga tidak bisa dilakukan tanpa kerjasama yang baik antara DKM Masjid Al-Jabbar ITB dan para donatur, terutama para dosen dan tenaga kependidikan ITB. Para donatur ini sangat antusias untuk berpartisipasi dalam program ini dan setiap tahun menunggu program santunan anak yatim dilaksanakan di Masjid Al-Jabbar ITB.

Sebelumnya, DKM Masjid Al-Jabbar ITB mengedarkan sirkulir atau ajakan kepada para tenaga kependidikan untuk berpartisipasi dalam program santunan anak yatim ini. Para tenaga kependidikan tersebut dengan antusias merespons ajakan tersebut dan memberikan sumbangan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

DKM Masjid Al-Jabbar ITB berharap program santunan anak yatim ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan manfaat bagi anak-anak yang membutuhkan.

Reporter: Ardiansyah Satria Aradhana (Rekayasa Pertanian, 2020)
Dokumentasi : Humas Direktorat Kampus ITB Jatinangor


scan for download