Semarak Ramadhan, Masjid Al-Jabbar ITB Buka Pesantren Kilat

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


JATINANGOR, itb.ac.id — Masjid Al-Jabbar Institut Teknologi Bandung mengadakan program pesantren kilat untuk anak yang dilaksanakan dari 27 Maret - 6 April 2023 setiap Senin sampai Kamis. Program ini diikuti lebih dari 100 peserta usia PAUD hingga SMP.

Pengajar utama Ustaz Ismail mengungkapkan bahwa kegiatan pesantren kilat merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan dari awal hingga pertengahan bulan Ramadan. Program ini awalnya diadakan sebagai bentuk evaluasi hasil pembelajaran untuk peserta Tahfiz Qur’an Al-Jabbar (TQA) selama satu tahun ajaran.

Lebih lanjut, ternyata program ini banyak diminati oleh orang tua yang bertempat tinggal di sekitar wilayah masjid. Untuk itu, pesantren kilat pada tahun ini dibuka untuk umum agar dapat diikuti oleh peserta yang bukan berasal dari TQA.

“Alhamdulillah sampai sekarang kita masih gratis,” ungkap Ustaz Ismail.

Kegiatan utama yang dilakukan pada pesantren kilat ini yaitu penguatan hafalan, pengajaran bacaan salat, gerakan salat, dan aktivitas kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang dibuat oleh anak-anak berupa ketupat, ucapan selamat idulfitri, dan kerajinan lainnya.

Kegiatan kerajinan tangan dilakukan berselang-seling dengan kegiatan penguatan hafalan dan pengajaran salat. Hal ini dimaksudkan agar program pesantren kilat terasa menarik dan menyenangkan bagi peserta.

Salah seorang wali murid, Wina menjelaskan bahwa informasi adanya pesantren kilat didapatkan dari salah satu pengajar pesantren kilat. “Mengalihkan fokus anak, biar kalo di rumah ngga main hape, kedua biar lapernya ngga lebih kerasa,” ujarnya.

Peserta pesantren kilat dikelompokkan pada 4 kelas berdasarkan tingkatan hafalannya. Program pesantren kilat ditutup dengan kegiatan buka bersama. Tak kalah menarik, rangkaian acara dilanjutkan dengan pembagian 31 piala dan hadiah kepada para peserta pemenang lomba tarhib yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Kemudian, peserta dilanjutkan saling bertukar kado dan berbuka bersama sebagai penutup dari rangkaian acara.

Reporter: Ardiansyah Satria Aradhana (Rekayasa Pertanian, 2020)

Dokumentasi : TQA Masjid Al-Jabbar ITB


scan for download